Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Presiden Jokowi Kunker ke Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi NTT

Rabu, 24 Februari 2021, Februari 24, 2021 WIB Last Updated 2021-02-23T17:59:34Z
Wasantara.online @ NTT - Dalam rangka menciptakan ketahanan pangan nasional dan menjadi daerah Sumba Tengah untuk menjadi lumbung pangan Nasional (Food Estate), maka Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat kunjungan kerja untuk melihat lumbung pangan (food estate) yang ada di Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi NTT, Selasa (23/2/2021).

Dikatakan Presiden Jokowi bahwa pihak Kementerian Pertanian RI di Kabupaten Sumba Tengah ini, telah menyiapkan 5.000 hektare lahan pertanian, di mana yang 3.000 (hektare) ditanam padi, dan 2.000 (hektare) ditanam jagung. 

Di tahun mendatang, Presiden ingin lahan pertanian ini diperluas lagi menjadi 10.000 hektare, yang nantinya dibagi 5.600 hektare untuk padi dan 4.400 hektare untuk jagung.

Disebutkan Presiden, bahwa pihak pemerintah ingin wilayah NTT terutama bidang pertanian dan perekonomian bisa bangkit dari kemiskinan yang mencapai 34 persen.

Dijelaskan Presiden hasil laporan Gubernur dan Bupati bahwa daerah NTT itu, jadwal panen padi yang ada di Sumba Tengah ini masih setahun sekali, kita ingin mengelola lahan pertanian padi agar setahun bisa dua kali panen padi dan sekali panen jagung atau kedelai.

Problemnya cukup klasik untuk mendongkrak hasil pertanian di NTT sama, yaitu masalah air. QOleh sebab itu, di sini tadi kita lihat sudah dibangun di 2015-2018 sumur bor yang masuk ke sawah, juga ada embung. Beberapa embung di sini, embung besar juga sudah dibangun. Tapi masih jauh dari cukup, dan masih kurang.

Presiden mengungkapkan  Bupati masih minta tambahan lagi, Pak Gubernur juga minta dibuatkan satu bendungan untuk di Kabupaten Sumba Tengah dan sekitarnya. 

Lanjut Presiden bahwa pihaknya telah perintahkan Menteri PUPR untuk dilihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan, kemudian tambahan untuk embung dan juga sumur bor, terang Jokowi.

Diikuti dengan nanti Kementerian Pertanian untuk membantu kekurangan-kekurangan alsintan (alat mesin pertanian). Traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali.

Selaku Presiden Jokowi meyakini food estate yang ada di Kalimantan Tengah, food estate yang ada di Sumatera Utara, dan juga food estate yang ada di NTT ini akan bisa kita membangun sebuah ketahanan pangan yang baik untuk negara kita. Dan nanti akan kita fotokopi untuk juga di provinsi-provinsi yang lain yang memiliki kesiapan.
Komentar

Tampilkan

  • Presiden Jokowi Kunker ke Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi NTT
  • 0

Terkini

Topik Populer