Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Penyebab, Panas Terik 37 Derajat Celsius, Melanda Kota Medan

Minggu, 17 Oktober 2021, Oktober 17, 2021 WIB Last Updated 2021-10-17T10:03:24Z
Wasantaraonline.com @ Medan - Kondisi cuaca dan suhu dalam beberapa hari ini di Kota Medan terasa lebih panas, penyebabnya, karena adanya pergerakan angin Monsun Australia yang bersifat kering bergerak ke Sumatera sehingga asupan massa udara basah berkurang.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto ST kepada wartawan, Minggu (17/10/2021).

"BMKG mencatat suhu udara di Medan sempat mencapai 37 derajat celcius dan hasil pengamatan suhu udara maksimum di wilayah Kota Medan dan sekitarnya telah mencapai 37 derajat pada tanggal 14 Oktober 2021," katanya.

"Belum lagi, adanya gangguan cuaca berupa Tropical Storm Kompasu yang menarik massa udara sehingga kondisi udara di langit Sumatera Utara menjadi kering," tuturnya.

Dia mengatakan panas terik Medan juga terjadi karena pola angin yang tidak mendukung terbentuknya awan hujan. Kondisi atmosfer dinilai cukup stabil sehingga pertumbuhan awan berkuran

"Juga karena gerak semu matahari tepat berada di atas khatulistiwa yang menyebabkan suhu udara wilayah sekitar ekuator meningkat," ujar Hartanto.

Hartanto menyebutkan cuaca panas ini diperkirakan akan terjadi hingga 3 hari ke depan. Dia mengimbau masyarakat untuk banyak minum air putih. "Tetap menjaga kesehatan dengan memperbanyak minum air putih," jelas Hartanto.
Komentar

Tampilkan

  • Penyebab, Panas Terik 37 Derajat Celsius, Melanda Kota Medan
  • 0

Terkini