Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pelayanan KB Sejuta Akseptor Momen Penting Capai Keluarga Berkualitas

Jumat, 16 Juni 2023, Juni 16, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T18:43:54Z
Wasantaraonline.com | Medan - Menyambut Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang, BKKBN melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APM P2KB) Kota Medan kembali melaksanakan pelayanan Sejuta Akseptor (PSA) secara serentak.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada Rabu (14/6) di 21 kecamatan dengan 21 Fasilitas Kesehatan milik Pemko Medan.

Dalam sambutan Kepala Dinas P3APM P2KB Kota Medan, Dra Edliyati M.AP melalui Ketua Tim KB dan KIE, Dewi Murni Nasution S.Pd bahwa Pelayanan sejuta akseptor (PSA) merupakan momentum Harganas ke- 30 tahun se- Indonesia. Ini dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas.

“Pada momen ini yang harus kita capai yang juga dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas yaitu untuk menurunkan angka TFR (total fertelitas rate) sehingga pada tahun 2023 kita berharap tercapai 2,19 persen,” katanya.

Kedua untuk meningkatkan angka prevalensi pemakaian kontrasepsi modren (CPR) 62,92 persen, serta menurunnya kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi/unmet need 7.70% serta menurunkan angka kelahiran.

“Dengan adanya momentum ini berarti kita telah memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya yang belum menggunakan alat kontrasepsi serta tidak secara langsung ini telah menurunkan angka stunting di kota Medan,” jelasnya pada pelaksanaan PSA yang berlangsung pada Rabu (14/6/2023) di Kantor Camat Medan Barat.

Dijelaskannya, adapun indikator kesehatan reproduksi yang harus dipantau saat ini adalah porsi penggunaan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

“Kenapa kita pilih KB MKJP yaitu IUD atau Spiral, Implan, MOP, MOW. Karena metode KB ini yang paling baik digunakan untuk mewujudkan Keluarfa sejahtera. Sementara ber KB Khusus yang non MKJP saat ini menjadi penyumbang terbesar drop out peserta KB atau putus pakai. Karena jarak penggunaan non MKJP ini ada dengan suntik 1 bulan, 2 bulan, kondom setiap saat bisa digunakan dan inilah yang selalu dirasakan oleh pasangan usia subur (Pus) sifatnya lupa, karena menggunakan non MKJP. Makanya melalui petugas KB kita selalu menghayokan dengan konseling agar menggunakan MKJP,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, tujuan PSA katanya mampu meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pangan usia subur dan meningkatkan peserta KB baru.

Target pelayanan sejuta akseptor di kota Medan yaitu 6.248 akseptor dengan rincian 48 IUD, 3131 Pil, 72 MOW, 24 MOP, 194 Implan, dan kondom 344 akseptor, suntik 2435 Akseptor.

Ia juga menyebutkan bahwa pelayanan khusus KB Vasektomi yang berlangsung di Kecamatan Medan Barat melebihi target. Banyak para pria di kawasan itu mendaftarkan dirinya untuk divasektomi.
Komentar

Tampilkan

  • Pelayanan KB Sejuta Akseptor Momen Penting Capai Keluarga Berkualitas
  • 0

Terkini