Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Dirut Pertamina Ungkap Penimbunan hingga Permainan Harga LPG 3Kg di Pengecer

Selasa, 05 September 2023, September 05, 2023 WIB Last Updated 2023-09-04T17:01:39Z
Wasantaraonline.com | Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan adanya penyelewengan penyaluran LPG 3Kg dalam bentuk penimbunan pasokan  sehingga harganya melesat di tingkat pengecer. Untuk itu, pihaknya menetapkan aturan baru bagi Pangkalan LPG 3Kg harus jual Langsung ke masyarakat sebesar 80 persen dari kuota dan hanya 20 persen untuk pengecer. 

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang disiarkan di Youtube Kemendagri, Senin (4/9/2023).

Nicke mengungkap, ada hal yang perlu diantisipasi dalam penyaluran LPG 3 kg. Dia menyebut yang perlu diantisipasi ialah penyelewengan dalam dalam bentuk penimbunan pasokan sehingga harganya melesat.

"Yang perlu kita antisipasi adalah permainan di bawah, penyelewengan baik itu LPG subsidi maupun BBM subsidi yang menahan stok sehingga harga di pasar meningkat," kata Nicke. 

Dikatakan Nicke bahwa pemerintah telah mengeluarkan aturan yang mengubah distribusi LPG 3 kg. Aturan lama, semulanya pangkalan menjual 50% LPG ke masyarakat dan 50% dijual melalui pengecer.

Sementara, harga LPG yang diatur hanya di tingkat pangkalan.

"Harga yang diatur hanya sampai pangkalan, pemerintah daerah tidak mengatur di pengecer. Inilah yang sering dipermainkan," ujarnya.

Dengan aturan yang baru, pangkalan bisa menjual langsung ke masyarakat hingga 80%. Sisanya, sebanyak 20% dijual lewat pengecer.

"Artinya 80% harga LPG subsidi ini dikendalikan dengan harga eceran tertinggi yang diatur oleh Pemda. Ini yang terus kami pastikan agar pelaksanaannya berjalan lancar dan 20% betul-betul bisa kita kendalikan harganya," katanya.




Komentar

Tampilkan

  • Dirut Pertamina Ungkap Penimbunan hingga Permainan Harga LPG 3Kg di Pengecer
  • 0

Terkini