Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Mesjid Al Musannif Rekomen Banget, Cocok I'tikaf Untuk Gapai Malam "Lailatul Qadar"

Rabu, 03 April 2024, April 03, 2024 WIB Last Updated 2024-04-02T20:00:23Z

Medan, www.wasantaraonline.com - Semangat beribadah kita harus perkuat terutama di akhir 10 Ramadhan terakhir. Memang tidak kita pungkiri, kadang kala tempat kita beribadah bisa mempengaruhi kualitas Ibadah kita. Dimana, momen 10 terakhir Ramadhan ada suatu malam umat Islam cari-cari, Yakni malam "Lailatul Qadar".

Dalam malam Lailatul Qadar tersebut, Allah merinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir umat-Nya dalam setahun, termasuk ajal dan rezeki.

I'tikaf
Jadi, I’tikaf ini merupakan sarana kegiatan ibadah kita untuk berdiam diri di masjid dan melakukan kegiatan amal lainnya di dalam masjid seperti tadarus Al-Qur’an, berdzikir, berdoa, hingga memperbanyak qiyamulail atau shalat malam. 

Sebenarnya, i’tikaf dapat dilakukan setiap saat, tetapi Rasulullah ﷺ menganjurkan, setidaknya bisa dilakukan setahun sekali, dan khususnya di bulan Ramadhan.

I’tikaf di bulan Ramadhan adalah amal istimewa yang sangat dianjurkan, terutama di sepuluh malam terakhir. Bahkan di akhir hidupnya, Rasulullah ﷺ mulai melakukannya di dua puluh malam terakhir.

Sesuai Hadis Rasulullah ﷺ menyebutkan bahwa i’tikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan bagai beritikaf dengan beliau (Rasulullah ﷺ).
مَنِ اعْتَكَفَ مَعِي فَلْيَعْتَكِفَ الْعَشْرَ الْأَوَاخِرَ
“Siapa yang ingin beri’tikaf bersamaku, maka beri’tikaflah pada sepuluh malam terakhir.” (HR Ibnu Hibban).

Rekomendasi Mesjid
Untuk itu, tempat I'tikaf yang baik dan nyaman sangat menentukan kualitas ibadah, jadi penulis merekomendasikan, kepada warga masyarakat Kota Medan untuk melaksanakan ibadah I'tikaf yang nyaman bersama keluarga.


I’tikaf atau berdiam diri bisa dilakukan seorang diri. Namun, bagi seseorang yang sudah berkeluarga bisa membawa anggota keluarganya untuk beri’tikaf bersama di masjid.


Hal ini sesuai dengan ketentuan beri’tikaf  bagi anggota keluarga, terutama bagi wanita berkeluarga yakni harus beri’tikaf bersama suami, atau keluarganya.

Berikut ini rekomendasi masjid di Kota Medan yang nyaman dan aman untuk beri’tikaf di Mesjid Al Musannif Jalan Cemara Medan, Kompleks Cemara Asri Medan.

Masjid Al Musannif ini dapat menampung banyak jemaah sehingga membuat nyaman dan leluasa. Masjid ini berada di daerah Kota Medan.

Udaranya yang sejuk dan jumlah toiletnya yang banyak menjadi nilai plus masjid ini.


Adanya Agenda beri’tikaf di masjid ini dimulai dari shalat Tarawih dan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Quran, qiyamullail, muhasabah, sholat Tahajjud dan ditutup dengan sahur bersama.


Selain karena masjid ini luas yang membuat nyaman, di sana tersedia kudapan untuk berbuka puasa dan sahur secara gratis.

Penulis menyakini para jemaah beserta keluarga akan betah dengan menghabiskan waktu untuk lebih fokus beribadah dan bisa mendapatkan Lailatul Qodar.

Lailatul Qadar
Lailatul Qadar adalah malam yang sangat ditunggu-tunggu umat Islam pada bulan Ramadhan. Dikatakan, malam ini penuh dengan keutamaan, bahkan lebih baik dari seribu bulan. Kapan malam Lailatul Qadar terjadi?


Keutamaan malam Lailatul Qadar dijelaskan dalam sejumlah ayat Al-Qur'an dan hadits.


Salah satunya dalam surah Al Qadr ayat 1-5. Allah Allah Subhanallahu Wa Ta'ala berfirman,

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ١ وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ٢ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ٣ تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ٤ سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ ٥

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu, Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.


Jadi, Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan pada malam ini, umat Muslim dapat memperoleh pahala yang besar dan mendapatkan berbagai keberkahan langsung dari Allah Subhanallahu Wa Ta'ala.

Jadwal                                                  Jadwal Malam Lailatul Qadar, penghitungan 10 hari terakhir Ramadhan dimulai hari ke-20 malam 21 Ramadhan.


Berdasarkan jadwal, Pemerintah RI menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 12 Maret 2024, maka, 10 hari terakhir Ramadhan 2024 jatuh pada 31 Maret 2024 hingga 9 April 2024.


Sesuai itu, maka penulis melihat dalam daftar puasa Ramadhan 1445 Hijriah.  Menyajikan sebagai berikut

Untuk Malam 21 Ramadhan jatuh pada Minggu, 31 Maret 2024 malam hingga Senin, 1 April 2024

Untuk Malam 23 Ramadhan: Selasa, 2 April 2024 malam - Rabu, 3 April 2024

Untuk Malam 25 Ramadhan: Kamis, 4 April 2024 malam hingga Jumat, 5 April 2024

Untuk Malam 27 Ramadhan: Sabtu, 6 April 2024 malam hingga Minggu, 7 April 2024

Terakhir, Malam 29 Ramadhan jatuh pada hari Senin, 8 April 2024 malam hingga Selasa, 9 April 2024


Komentar

Tampilkan

  • Mesjid Al Musannif Rekomen Banget, Cocok I'tikaf Untuk Gapai Malam "Lailatul Qadar"
  • 0

Terkini