Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menkes : Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Akan Dilaksanakan 13 Januari 2021 Secara Serentak

Selasa, 05 Januari 2021, Januari 05, 2021 WIB Last Updated 2021-01-29T18:47:09Z
Wasantara @ Medan - Dalam rangka meningkatkan sistem imunnitas dan kekebalan tubuh warga masyarakat. Maka pemerintah melalui Menteri Kesehatan (Menkes) RI segera melancarkan program Vaksinasi Covid-19 secara serentak mulai 13 Januari mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) secara virtual tentang program Vaksinasi Covid-19 Nasional 13 Januari 2021 yang akan di gelar secara serentak, di ruangan Command Centre Balai Kota Medan, Selasa (5/1/2021).

Dikatakan Arjuna Sembiring bahwa program vaksinasi ini akan dilaksanakan   secara serentak se-Indonesia, saat virtual dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin 

Program vaksinasi Covid-19 akan dimulai secara serentak di Indonesia mulai 13 Januari 2021. Masing-masing daerah, termasuk Kota Medan diminta untuk melakukan persiapan sehingga proses vaksinasi bisa berjalan aman dan lancar.

"Vaksinasi perdana akan dilakukan terhadap Presiden tanggal 13 Januari 2021 mendatang, setelah itu diikuti secara serentak di 34 provinsi lainnya," kata Menkes.

Menkes Budi menerangkan bahwa proses vaksinasi akan berlangsung selama 15 bulan mulai Januari 2021 sampai Maret 2022 dengan jumlah populasi mencapai 181,5 juta jiwa.

Dijelaskan Menkes bahwa vaksinasi diprioritas pada tenaga kesehatan dan pelayanan publik. Kemudian diikuti dengan lansia, masyarakat rentan maupun masyarakat lainnya yang berusia 18-59 tahun. 

Sedangkan masyarakat umur 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk keamanan kelompok tersebut. 

Dirinci Menkes, bahwa ppetugas kesehatan sebanyak 1,6 juta jiwa, petugas publik (17,4 juta jiwa), lansia (21,5 juta jiwa), masyarakat rentan (63,9 juta jiwa) serta masyarakat lainnya (77,1 juta jiwa).

Sementara itu, Pelaksana tugas (plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan, usai rakor, Pemko Medan langsung melakukan persiapan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Kota Medan. 

“Vaksinasi Covid-19 di Kota Medan akan dimulai dengan Bapak Wali Kota, Sekda, Ketua dan anggota dewan serta diikuti dengan Forkopimda lainnya,” jelas Arjuna.

Arjuna mengingatkan, meskipun nantinya warga telah mendapat vaksinasi Covid-19, warga masyarakat Medan harus taat dan patuhi terhadap aturan protokol kesehatan. 

"Vaksin Covid-19 ini, hanya bersifat membantu kesehatan warga masyarakat. Walaupun sudah divaksin, masyarakat harus selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” pesannya.
Komentar

Tampilkan

  • Menkes : Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Akan Dilaksanakan 13 Januari 2021 Secara Serentak
  • 0

Terkini