Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Ketua TP PKK Sumut Bantu Guru Penderita Kanker Dan Warga Penderita Anus Fistula Untuk Mendapatkan Penanganan Dokter

Senin, 18 April 2022, April 18, 2022 WIB Last Updated 2022-04-18T13:41:35Z
Medan, Wasantaraonline.com - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membantu pengobatan kepada Guru SD yang diduga menderita kanker payudara bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumut, Nawal Lubis akan berupaya memberikan pengobatan yang tepat.

Guru tersebut bernama Ely Susanti, seorang istri berusia 51 tahun dan memiliki dua anak. Dia mengajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas Taqwa, Jalan Medan Area Selatan Nomor 129, Medan.

Ely sudah setahun mengeluhkan sakit di bagian dada dan juga mengalami penurunan berat badan yang drastis. Dia dan suaminya Muslim Nasution berupaya mengatasinya dengan pengobatan alternatif. Namun, tiga bulan terakhir kondisi Ely semakin menurun, hingga hanya bisa berbaring di kasur.

Nawal Lubis, selaku Ketua YKI Sumut bersama timnya berupaya membujuk Ely  untuk mau menjalani pengobatan medis. Lebih dari satu jam, Nawal Lubis, tim YKI dan perwakilan Dinas Kesehatan Pemprovsu membujuk Ely .

“Ibu jangan memikirkan biaya, ibu harus ikhlas dan berikhtiar dengan pengobatan yang tepat. Saya harap keputusan diambil secepatnya, paling tidak kita periksakan dulu ke dokter seperti apa penyakit yang ibu derita, jadi kita tahu cara yang tepat menanganinya,” kata Nawal.

“RS Adam Malik punya unit kanker yang sangat baik, sudah banyak penderita kanker yang sembuh dari sana, jadi ibu tidak usah takut, sekarang kita berpacu dengan waktu karena kondisi ibu semakin menurun,” kata Nawal.

Tetangga Ely dan Muslim, Edi juga sedang berjuang melawan penyakit yang cukup serius. Pria 41 tahun ini menderita Fistula Ani, kondisi di mana terbentuknya saluran abnormal antara ujung usus besar dan sekitar kulit anus.

Edi sudah tiga kali menjalani operasi, namun penyakitnya ini tak kunjung sembuh. Saat ini, Edi masih menggunakan saluran khusus untuk buang air besar di perutnya. “Kita akan berupaya membantu bapak semaksimal mungkin, apa yang bisa dilakukan Dinkes, apa yang bisa kami lakukan. Kita akan berjuang bersama,” kata Nawal kepada Edi.
Komentar

Tampilkan

  • Ketua TP PKK Sumut Bantu Guru Penderita Kanker Dan Warga Penderita Anus Fistula Untuk Mendapatkan Penanganan Dokter
  • 0

Terkini