Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sesuai Keputusan Mendagri, Gubsu Lantik Pj Bupati Tapteng dan Pj Walikota Tebing Tinggi

Selasa, 24 Mei 2022, Mei 24, 2022 WIB Last Updated 2022-05-24T06:03:52Z
Medan | Wasantaraonline.com - Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Tengah, Yetti Sembiring SSTP MM, diambil sumpah jabatan dan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Tapteng, bersama dengan Sekda Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi, juga diambil sumpah jabatan dan dilantik sebagai Pj Wali Kota Tebing Tinggi.

Pelantikan 2 penjabat Kepala Daerah pilihan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu dilakukan Gubsu atas nama presiden, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan. Selasa (24/05/2022).

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan keputusan Mendagri, Yetti Sembiring dan Dimiyathi kemudian maju ke tengah dan memberi salam hormat kepada Gubsu.

Selanjutnya Gubernur Edy maju ke depan dan berdiri diikuti tamu dan undangan. Kemudian ditanyakan kesiapan kedua Sekda itu menjadi Pj bupati dan Pj wali kota. "Apakah saudara-saudari bersedia diambil sumpah? Menurut agama apa?," tanya Edy terlebih dahulu.

Setelah dijawab bersedia, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah. Rohaniawan juga mengambil posisi. Kemudian dilakukan penyematan tanda pangkat jabatan dan pelantikan.

Yetti Sembiring, Dimiyathi dan Gubernur Edy juga menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan pelantikan dan fakta integritas. Seluruh prosesi pelantikan berlangsung tertib dan lancar.

Baik Yetti Sembiring dan Dimiyathi, tampak antusias mengikuti pelantikan. Keduanya juga tampak tidak ragu untuk menerima tugas dan tanggung jawab baru tersebut.

Adapun kedua Pj kepala daerah itu, menjabat jabatan itu selama 1 tahun ke depan. Keduanya juga wajib melaporkan kinerja kepada Gubernur minimal sekali dalam 3 bulan.

Lalu dalam keputusan Mendagri, disampaikan bahwa jabatan mereka sebelumnya sebagai Sekda, akan diisi oleh pejabat berstatus pelakasana tugas (Plt).

Pelantikan dihadiri Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wadhono, Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Anggota DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, dan Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis.

Hadir juga unsur Forkopimda Tapteng dan Tebing Tinggi, Kabiro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumut, Zubaidi, Kabiro Administrasi Pimpinan, Basarin Yunus Tanjung, Wali Kota Tebing Tinggi 2017-2022, Umar Zunaidi Hasibuan, dan sejumlah pimpinan OPDPemprovsu lainnya.

Sebagaimana diketahui masa jabatan Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zainudin Hasibuan, dan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi, Oki Doni Siregar, serta Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, berakhir pada 22 Mei 2022.

Lalu, Gubernur Edy Rahmayadi mengusulkan calon Pj Wali Kota Tebing dan maupun Pj Bupati Tapteng ke Mendagri, yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut, Baharuddin Siagian SH MSi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Ir Abdul Haris Lubis MSi dan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumut, Aprilla H Siregar SH MH untuk calon Pj Wali Kota Tebing Tinggi.

Kemudian, Pj Sekdaprov Sumut, Afifi Lubis SH, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut, Dr H Asren Nasution MA dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat, Dr Kaiman Turnip MSi untuk calon Pj Bupati Tapteng.

Namun, nama-nama yang diusulkan Gubsu tersebut justru tak digubris. Mendagri justru mengangkat nama lain yang bukan diusulkan Gubsu menjadi Pj Wali Kota Tebing Tinggi dan Pj Bupati Tapteng.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Jumat (20/05/2022), menegaskan siap melantik siapapun Pj Wali Kota Tebing dan Pj Bupati Tapteng yang ditetapkan Mendagri. Dan hari ini, Gubsu membuktikan ucapannya dengan melantik Penjabat Kepala daerah pilihan Mendagri.


Komentar

Tampilkan

  • Sesuai Keputusan Mendagri, Gubsu Lantik Pj Bupati Tapteng dan Pj Walikota Tebing Tinggi
  • 0

Terkini