Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sukseskan PON XXI & Jaring Atlet Potensial, Wagubsu Resmikan GOR Samosir

Jumat, 31 Maret 2023, Maret 31, 2023 WIB Last Updated 2023-03-30T21:24:25Z
Wasantaraonline.com | Samosir - Dalam rangka menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, 2024 dan menjaring atlet-atlet potensial yang berasal dari Kabupaten Samosir maka diperlukan sarana prasarana Gedung Olahraga yang memadai. 

Untuk itu, diperlukan fasilitas GOR Samosir ini, agar bisa mendorong para insan olahraga, atlet-atlet di Samosir dapat lebih bergairah, berlatih, untuk meningkatkan prestasi dan mengharumkan Samosir, Sumut bahkan Indonesia. 

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat meresmikan Gedung Olahraga (GOR) Samosir yang berada di Lumban Sihombing, Dusun II, Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan, Rabu (29/3/2023).

Ijeck mengapresiasi perjuangan Bupati Samosir Vandiko dalam mewujudkan Pembangunan GOR dan khususnya warga yang menyumbangkan lahannya untuk pembangunan GOR. Sungguh luar biasa ada keluarga Sihombing dan Manulang, yang bersedia memberikan lahannya untuk dijadikan GOR Samosir. 

“Belum pernah saya dengar, jika pemerintah kabupaten/kota ingin membangun fasilitas pemerintah yang lahannya disumbangkan oleh masyarakat. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih buat keluarga Sihombing dan Manulang, memang kadang karena ada keterbatasan proyek pembangunan tidak terealisasi, tapi di sini luar biasa, karena pemerintah memang punya keterbatasan,” paparnya.

Ijeck berharap Kabupaten Samosir melahirkan atlet-atlet berprestasi yang tidak hanya mengharumkan nama kampung halamannya, tapi juga nama Sumut dan Indonesia.

“Kita akan jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2024 bersama Provinsi Aceh, kita harapkan nantinya Kabupaten Samosir bisa mencetak atlet-atlet yang berprestasi bagi Provinsi Sumatera Utara dengan meraih medali emas dan selanjutnya menjadi atlet nasional untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia,” ujarnya.

GOR ini, lanjut Ijeck, selain menunjang kebutuhan olahraga para atlet, juga bisa menjadi magnet datangnya beragam kegiatan besar yang juga mendatangkan banyak pengunjung ke Samosir.“

Saat Pak Vandiko menyampaikan soal pembangunan GOR ini, saya bilang setuju karena kita dalam menjual pariwisata ini juga harus dengan event-event terutama event yang paling mudah mendatangkan orang banyak yakni sport tourism,” kata Ijeck.

Diakui Ijeck, menghadirkan acara besar di Samosir selama ini cukup sulit karena kendala sarana dan prasarana gedung Olahraga. 

“Samosir ini susah, mau dibuat kegiatan konser-konser musik atau kegiatan besar tak punya gedung, saya kadang kepingin membuat acara-acara di luar dari acara pemerintahan buatnya di Samosir tapi tak ada gedung. 

Dengan adanya fasilitas GOR ini, sudah ada semoga bisa dimanfaatkan juga untuk menarik para pengunjung sehingga PAD Samosir pun meningkat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan terimakasih atas dukungan Wagubsu, dengan diresmikan GOR Samosir ini menjadi cita-citanya dan masyarakat. “Ceritanya cukup panjang, GOR ini awalnya akan dibangun pemerintah pusat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, tapi karena satu hal dibatalkan, Tahun 2021.

Saat Wagubsu datang ke Samosir, selalu Bupati saya memberanikan diri menghadapnya dan memohon untuk dibantu Untuk menjembatani Pemkab Samosir agar bisa berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar proyek GOR ini dimasukkan lagi di tahun 2022,” ujarnya.

Namun lanjut Vandiko, di luar prediksi akhirnya Pemerintah Provinsi Sumut yang membantu sebesar Rp 8,8 miliar dari target biaya pembangunan Rp 15 miliar. 

“Tanpa diduga-duga Pak Wagub bilang sampaikan proposalnya ke saya kalau jumlahnya hanya segitu tak perlu sampai ke pusat, dan saya kirim proposal ke Pemprov Sumut dan Puji Tuhan Rp 8,8 miliar turun untuk pembangunan GOR ini,” katanya.

Keberadaan fasilitas dan sarana GOR ini, lanjutnya, diharap mendorong atlet-atlet dari Samosir bisa berprestasi. Selama ini saya sedih tidak bisa bicara banyak soal olahraga, karena sarana dan prasarananya tidak menunjang. Atlet-atlet kita yang berprestasi beberapa orang telah diambil daerah lain bahkan ada yang ke Sumut. 

"Semoga dengan hadirnya GOR ini membuat para insan olahraga, atlet-atlet di Samosir dapat lebih bergairah, bisa mencetak berprestasi dan mengharumkan Samosir, Sumut bahkan Indonesia,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta E Siahaan, Danramil Pangururan Kapten Inf Sugiono, Kajari Samosir Andi Adi Kawira dan Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean.
Komentar

Tampilkan

  • Sukseskan PON XXI & Jaring Atlet Potensial, Wagubsu Resmikan GOR Samosir
  • 0

Terkini