Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Ketua MPR Resmikan Pabrik Amunisi Swasta Pertama di Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024, Juni 18, 2024 WIB Last Updated 2024-06-17T18:05:35Z

www.wasantaraonline.com | Jawa Timur - Dukung Industri Pertahanan Dalam Negeri, Pendiri PT Sapta Inti Perkasa dan sekaligus Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meresmikan operasional PT Sapta Inti Perkasa, sebagai pabrik amunisi pertama di Indonesia. PT Sapta Inti Perkasa beralamat di Jalan Brak Baru, Jakaan, Bonowarih, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, berkomitmen menjadi lini produksi amunisi terintegrasi.


Keberadaannya secara resmi di bawah pembinaan Kementerian Pertahanan RI, sesuai penetapan sebagai Industri Pertahanan Swasta dengan Nomor Surat: SP/14/IV/2020/DJPOT. Serta Pemberian Izin Produksi dengan Nomor Surat: SIPROD/11/ V/2020/DJPOT


Secara terintegrasi, Sapta Inti Perkasa akan memproses penyediaan bahan baku (CoilStrip) CuZn28 dan CuZn10, Brass Cup, pembuatan selongsong, proses assembling amunisi, quality control hingga packing proses.


Kehadiran PT. Sapta Inti Perkasa berkontribusi dalam membangun kemandirian dan kekuatan pertahanan Indonesia melalui industri pertahanan swasta yang mandiri, solid dan berdaya saing tinggi. 


Saat ini telah berhasil memproduksi brass cup dan selongsong kaliber 5.56 mm dan kaliber 9 mm dengan target produksi masing-masing 100 juta amunisi per tahun untuk kaliber 5.56 mm dan 100 juta amunisi per tahun, untuk kaliber 9 mm yang kemudian akan ditingkatkan bertahap hingga mencapai 500 juta amunisi per tahun," ujar Bamsoet dalam keterangan resminya, Minggu (16/6/2024).


Hadir antara lain, Direktur Utama PT Sapta Inti Perkasa Richard CH, Komandan Pusdik Arhanud Brigjen TNI Edi Setiawan, dan Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana.


Bamsoet menjelaskan, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa tidak hanya Indonesia yang membutuhkan peluru. Namun, seluruh dunia saat ini juga kekurangan peluru. 


Sementara itu, PINDAD baru mampu menyuplai sekitar 400 juta amunisi. Padahal sebagaimana disampaikan Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto, kebutuhan amunisi nasional per tahun mencapai 5 miliar amunisi untuk menyuplai kebutuhan operasional dan cadangan institusi TNI.


Untuk itu, melalui UU Cipta Kerja, pemerintah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha swasta untuk memperkuat Industri Pertahanan Nasional. Sehingga kebutuhan amunisi bisa diperoleh dari industri dalam negeri, dan tidak terus menerus bergantung pada impor," jelas Bamsoet


Ia melanjutkan, amunisi hasil produksi PT Sapta Inti Perkasa telah melalui uji tembak di lapangan tembak Pusdik Arhanud Malang, disaksikan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Piek Budyakto. Serta telah melalui uji balistik di Puslitbang Polri.


Kementerian Pertahanan diwakili Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Piek Budyakto, serta Laboratorium Teknologi Kepolisian Puslitbang Polri diwakili Kabag Lab Tekpol Puslitbang Polri Kombes Pol Pratikno, juga telah meninjau langsung proses produksi amunisi yang dilakukan oleh PT Sapta Inti Perkasa. 


"Para penguji dan pengawas ingin memastikan seluruh prosesnya dari tahap awal hingga akhir telah dijalankan sesuai ketentuan, sehingga kualitas produksinya terjamin dan tidak diragukan," ujar Bamsoet.


Bamsoet menambahkan, berdasarkan data BPS, di pertengahan tahun 2023 saja, Indonesia mengimpor senjata dan amunisi serta bagiannya sebesar 202,73 juta dolar AS atau setara Rp 3,52 triliun. 


Angka tersebut diperkirakan terus meningkat di tahun 2024 dan 2025. Jika nilai tersebut bisa dialihkan ke dalam negeri, akan memberikan multiplier effect economy yang besar bagi perekonomian dan kesejahteraan rakyat.


Tidak ada salahnya Indonesia belajar dari Turki, yang dalam dua dekade terakhir telah mampu melepaskan sekitar 70 persen ketergantungan atas suplai impor alat pertahanan. 


Beberapa industri pertahanan milik swasta di Turki bahkan telah masuk 100 besar dunia. Seperti Alesan, Turkish Aerospace Industry, dan Roketsan. Pencapaian tersebut tidak lepas dari komitmen pemerintah Turki yang membuka pintu masuknya sektor swasta di industri pertahanan mereka," pungkas Bamsoet.


Komentar

Tampilkan

  • Ketua MPR Resmikan Pabrik Amunisi Swasta Pertama di Indonesia
  • 0

Terkini

Topik Populer