Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

50 Ribu Wisatawan Tumpah Ruah Mengikuti Acara Festival Bakar Tongkang Bagan Siapi Api

Minggu, 23 Juni 2024, Juni 23, 2024 WIB Last Updated 2024-06-24T17:14:36Z

www.wasantaraonline.com | Rohil - Sekitar 50 ribu wisatawan baik domestik maupun mancanegara negara telah menghadiri dan mengikuti acara, Festival Bakar Tongkang di Bagan Siapi Api, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), event ini merupakan agenda rutin dan tercatat menjadi agenda pariwisata nasional. 


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan even Bakar Tongkang tidak lagi menjadi milik masyarakat Tionghoa di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir saja, tapi juga warga Tionghoa dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. 


Roni menyebutka saat ini Bakar Tongkang merupakan simbol dan pesta budaya, bahkan sudah menjadi agenda wisata nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 


Dengan adanya prosesi Bakar Tongkang ini diharapkan dapat menghidupkan sendi-sendi perekonomian rakyat, menggerakkan sektor pariwisata dan pendapatan asli daerah. 


Kemudian, mengangkat wisata budaya potensial Provinsi Riau dalam mensukseskan program Pemerintah di sektor Pariwisata Nasional," jelas Roni, Sabtu (22/06/2024) 

Roni menjelaskan dari data Pemerintah Kabupaten Rohil, sebanyak 50 ribu wisatawan datang menyaksikan Bakar Tongkang. 


Dan untuk Okupansi kamar hotel mencapai 1.800 kamar penuh. Kondisi ini berdampak pula dengan hotel dan penginapan di kabupaten/kota tetangga yang mengalami peningkatan okupansi.


Roni berharap agar masyarakat Rokan Hilir dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di daerahnya salah satunya melalui iven Bakar Tongkang.


"Mari kita jadikan iven Bakar Tongkang ini sebagai salah satu cara memelihara toleransi dan kerukunan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir khususnya dan Provinsi Riau umumnya," ajak Roni.

Komentar

Tampilkan

  • 50 Ribu Wisatawan Tumpah Ruah Mengikuti Acara Festival Bakar Tongkang Bagan Siapi Api
  • 0

Terkini

Topik Populer