Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS ke 46

Kamis, 21 Januari 2021, Januari 21, 2021 WIB Last Updated 2021-01-29T17:46:02Z
Wasantara.online @ Washington DC - Joseph Robinette Biden Jr alias Joe Biden telah resmi dilantik menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS). Joe Biden akan menjabat selama empat tahun ke depan.

Seperti dilansir CNN, Rabu (20/1/2021), pelantikan Presiden AS terpilih, Joe Biden digelar di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC, dimulai pukul 11.30 waktu setempat. 

Pembatasan sesuai protokol pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya langsung oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

Sumber CBS News menyebut Alkitab itu juga pernah digunakan saat Biden dilantik sebagai Wakil Presiden AS tahun 2009 dan 2013 lalu.

"Saya, Joseph Robinette Biden Jr, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan secara setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan terbaik saya akan menjaga, melindungi dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Jadi tolonglah saya, Tuhan," ucap Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

Anak dan cucu Biden hadir langsung di Gedung Capitol untuk menyaksikan pelantikan ini.

Pelantikan ini dihadiri secara terbatas oleh anggota Kongres AS dan tiga mantan Presiden AS, yakni Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama, dengan didampingi istrinya masing-masing.

Presiden lalu, Donald Trump tidak menghadiri pelantikan ini. Namun Mike Pence, wakilnya, menghadiri pelantikan Biden dengan didampingi istrinya, Karen.(dnc)
Komentar

Tampilkan

  • Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS ke 46
  • 0

Terkini