Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Plt Walikota Tanjung Balai Resmikan Gerai "Pantai Burung", Pusat Produk Unggulan & Food Court Khas Tanjung Balai

Rabu, 13 April 2022, April 13, 2022 WIB Last Updated 2022-04-13T03:39:47Z
Tanjung Balai, Wasantaraonline.com - Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai H. Waris Thalib, SAg, MM meresmikan Gerai Produk Unggulan Tanjungbalai dan Foodcourt “Pantai Burung” yang berlokasi di Jalan Pahlawan Lk.IV Kel. Pantai Burung, Kec. Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai, Kamis, (07/04/2022), baru - baru ini. 

Plt. Walikota Tanjungbalai menyampaikan harapan agar Gerai dan Foodcourt “Pantai Burung” dapat menjadi icon Kota Tanjungbalai dan menjadi pusat oleh-oleh makanan khas Tanjung Balai. 
Untuk itu, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) /Kelompok Penerima dan Pemanfaat (KPP) meningkatkan sosialisasi keberadaan Gerai dan memaksimalkan pengisian produk - produk unggulan khas dari seluruh Kota Tanjungbalai, sehingga Gerai Pantai Burung menjadi pusat oleh-oleh pengunjung yang datang dari luar kota, agar Tanjungbalai maju dan mendunia seperti kota-kota lain, jelas H. Waris Thalib. 

Lanjut H. Waris Tahlib, bahwa Gerai Produk Unggulan Tanjungbalai dan Foodcourt “Pantai Burung” agar fasilitasnya bisa dilengkapi dengan pendanaan dari APBN, APBD maupun pihak swasta. Kepada Tim Fasilitator juga agar terus mendampingi dan memantau perkembangan Gerai, sebutnya. 
Gerai produk galeri dan food court yang diresmikan merupakan bagian dari penataan kawasan Pantai Burung di Kecamatan Tanjungbalai Selatan yang terdiri dari 16 gerai dengan menyajikan produk makanan dan minuman. Bangunan Galeri berada di Samping Stadion Asahan Sakti Tanjungbalai yang letaknya di jalan Pahlawan.

H. Waris Thalib menerangkan terbangunnya sarana gerai galeri produk dan food court tersebut restribusinya bisa menambah Pendapatan Aset Daerah dan bagian dari upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi pada pandemi covid-19.

H. Waris Thalib pun berharap lokasi tersebut akan terus berkembang serta dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Gerai "Pantai Burung" adalah aset pemerintah kota Tanjungbalai. Gerai harus hidup seperti Kabupaten/Kota maju, yang menghidupkan memperkenalkan produk khas daerahnya dan memajukan UMKM setempat, sekaligus masyarakatnya bisa berusaha dengan visi Sejahtera Pemko Tanjungbalai.

“Jangan hari ini diresmikan, besok tidak ada lagi berjualan. Semoga Taman Kuliner Gerai Galeri Food Court Tanjungbalai ini menjadi cikal bakal kota Tanjungbalai yang maju. Artinya kedepan jika kita bersama berkomitmen, bukan tidak mungkin dari luar daerah bahkan pengunjung luar negeri datang ke Tanjungbalai,” kata Waris dalam sambutan sebelum peresmian.

Selanjutnya, Plt Walikota Waris melakukan menandatangani prasasti peresmian Galery Produk Unggulan dan Aneka Food Court Taman Kuliner "Pantai Burung" sekaligus pengguntingan pita bersama Pejabat PPK Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Nurasiyah YS, Konsultan Manajemen Wilayah Program KOTAKU Nurwino Wajib, Ketua II PKK Tanjungbalai Darul Yana Siregar dan Kepala Cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Emi Setiani Sinurat diiringi tari-tarian remaja putri Kel. Pantai Burung dari Sanggar Kharisma asuhan Fatimah Damanik.
Lalu, Plt Walikota mengajak undangan berkeliling untuk menyaksikan stand-stand gerai galeri yang semuanya telah dibuka dan menjajakan dagangannya. Plt Walikota turut membeli dagangan dari 18 gerai yang ada.

Gerai yang baru diresmikan ini, diprediksi akan menyedot animo masyarakat pecinta kuliner Tanjungbalai karena banyak aneka kuliner terbaru dan khas di Tanjungbalai.
Dari 16 Gerai sebagian besar berkonsep Food court, menjual aneka kuliner diantaranya Serundeng Kepah, Sirup Berombang, Sate Kerang, Kue Golang dan Manisan Kelapo.

Untuk Produk Galeri kerajinan khas Tanjungbalai diantaranya kerajinan Kulit Kerang, Batik Kerang, Kerajinan dari Limbah, Kerajinan Stoking Bunga-Bunga, dan banyak produk tambahan dari Dekranasda dan pengrajin PKK Tanjungbalai.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah II Provinsi Sumatera Utara Nurasyiah YS, ST yang menyampaikan harapan agar BPM Infrastruktur Lifelihood KOTAKU yang diberikan kepada masyarakat Kel. Pantai Burung dimanfaatkan dengan baik, dijadikan  pendorong dalam peningkatkan perekonomian masyarakat kelurahan Pantai Burung dan Kota Tanjungbalai.

Tim Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) I KOTAKU Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Nurwino Wajib menyampaikan bahwa seluruh BPM Infrastruktur Lifelihood KOTAKU se Sumatera Utara telah selesai dikerjakan dan mulai berfungsi. 

Untuk itu Kelompok Penerima dan Pemanfaat (KPP) harus memberdayakan para anggotanya agar pengelolaan berjalan dengan baik.

Sebelum Peresmian juga dilakukan penandatangan MoU antara PKK Kota Tanjungbalai Hj. Fathia Haitami Waris dan BKM Cerdas Prima Kel. Pantai Burung (Koord. Raja Diana Noor). Dan MOA antara Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNIMED (Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu M.Pd)  dengan Pemerintah Kelurahan Pantai Burung Erwin, SH.

Acara peresmian ini, turut dihadiri Koorkot Cluster I KOTAKU Tanjungbalai Eko Maulijar, beserta Askot dan Tim Faskel Kota Tanjungbalai, Kepala Bappeda Ir. Zulkifli, Para OPD terkait, Dosen FIS UNIMED Dra. Hodriani Sitompul, M.Pd, Wakil Ketua PKK Kota Tanjungbalai Dra. Darulyana Siregar dan Sekretaris Irma Suryani Sirait, Forum Komunikasi BKM Kota dan Kecamatan se Tanjungbalai, Camat Tanjungbalai Selatan, Anggota BKM Cerdas Prima dan Koordinator KPP Gerai Pantai Burung Aswin Sitorus, segenap para pelaku UMKM dan masyarakat kelurahan Pantai Burung. (*/Edi S) 
Komentar

Tampilkan

  • Plt Walikota Tanjung Balai Resmikan Gerai "Pantai Burung", Pusat Produk Unggulan & Food Court Khas Tanjung Balai
  • 0

Terkini