Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Inflasi Tinggi, Disebabkan Komoditi Cabai dan Bawang Merah

Selasa, 28 Juni 2022, Juni 28, 2022 WIB Last Updated 2022-06-27T17:43:52Z
Medan, Wasantaraonline.com - Pada Bulan Juni 2022, harga komoditas Cabai dan bawang merah memicu Inflasi Sumatera Utara, kondisi ini dipengaruhi curah hujan yang tinggi sehingga menganggu produksi, belum lagi permasalahan harga pupuk dan pakan ternak yang masih tinggi, serta tarif angkutan udara dan perkembangan harga minyak dunia. 

Hal ini disampaikan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara Ibrahim pada acara Bincang Bareng Media (BBM) di kantor Jalan Balai Kota Medan, Senin (27/6/2022).

 Ibrahim saat itu didampingi Deputi Direktur Poltak Sitanggang, dan Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Sumut Nasrullah. Disebutkannya, secara keseluruhan tahun 2022, inflasi Sumatera Utara diprakirakan akan lebih tinggi dari tahun 2021, dan berpotensi berada di atas rentang target inflasi nasional.

Ibrahim menuturkan, peningkatan inflasi didorong oleh membaiknya pendapatan masyarakat seiring dengan kian pulihnya perekonomian, berlanjutnya konflik geopolitik, kebijakan zero covid di Tiongkok, kenaikan harga energi dan pangan global, kebijakan proteksionisme pangan beberapa negara, serta faktor gangguan cuaca.

Menurut Ibrahim bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan mengantisipasi tekanan inflasi khususnya pada kelompok sembilan makanan pokok melalui upaya keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, peningkatan produksi bahan makanan, dan kelancaran distribusi.

“Bank Indonesia bersama TPID terus menghimbau masyarakat untuk melakukan belanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan,” ujar Ibrahim.
 
Ia juga mengungkapkan, inflasi tahunan Sumatera Utara pada Mei 2022 meningkat sebesar 4,18% (yoy), lebih tinggi dari April yang sebesar 3,63% (yoy) dan berada di atas rentang target inflasi nasional 3±1%.

“Komoditas minyak goreng menjadi faktor utama pembentukan inflasi pada Mei 2022, disebabkan oleh masih tingginya harga minyak goreng curah di pasar yang belum sesuai dengan HET dan belum normalnya pasokan yang tersedia,” sebutnya.
Komentar

Tampilkan

  • Inflasi Tinggi, Disebabkan Komoditi Cabai dan Bawang Merah
  • 0

Terkini