Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Dandim Medan Dampingi Walikota Medan dan BWS Sumatera II Tinjau Banjir Kota Medan

Jumat, 19 Agustus 2022, Agustus 19, 2022 WIB Last Updated 2022-08-18T18:18:32Z
Medan, Wawantaraonline - Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad dampingi Walikota Medan Bobby Afif Nasution bersama pihak BWS Sumatera II meninjau Banjir di Jalan Danau Singkarak, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kamis (18/08/2022). 
Menurut Dandim Medan, ada sejumlah kawasan yang terendam banjir, yakni di Jalan Dairi, Jalan Danau Singkarak Gang Musyawarah, Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, dengan ketinggian air lebih kurang satu meter.

Kemudian, Jalan Luku, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Jalan Brigjen Katamso, Gang Bidan, Kecamatan Medan Maimun, Kampung Aur, Jalan Sarirejo, Kecamatan Medan Selayang.

Ribuan rumah di Kecamatan Medan Labuhan terendam banjir akibat luapan Sungai Deli yang tidak mampu menampung tingginya debit air ketika hujan deras turun.

Kondisi ini mengakibatkan ribuan orang terpaksa harus mengungsi di tempat-tempat yang jauh dari luapan sungai.

Luapan Sungai Deli terjadi lantaran kondisi sungai yang mengalami pendangkalan akibat sudah bertahun-tahun tidak dilakukan pengorekan.

Untuk itu, Walikota Medan Bobby Nasution telah meminta BWS Sumatera II agar segera melakukan normalisasi sungai-sungai yang melintasi Kota Medan.

Pasalnya, normalisasi sungai merupakan kewenangan dari BWS Sumatera II. Artinya hanya BWS Sumatera II yang di izinkan untuk melakukan normalisasi.

Normalisasi sungai ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di kota Medan yang diakibatkan oleh luapan air sungai yang tidak mampu menampung debit air.

Sementara itu, Camat Medan Labuhan Indra Utama melaporkan, saat ini ada tiga kelurahan yang terendam banjir, yaitu Kelurahan Besar, Kelurahan Martubung dan Kelurahan Pekan Labuhan.

"Ada tiga Kelurahan yang terendam banjir, dari tiga Kelurahan itu ada 14 lingkungan dan 2586 rumah, semuanya itu dilintasi Sungai Deli," katanya, Senin (28/2/2022).

Akibatnya, kondisi banjir yang semakin parah, kata indra, pihaknya melakukan evakuasi terhadap warga serta mendirikan dapur umum.

"Mulai dari tadi malam warga sudah kita evakuasi. Kita tempatkan di kantor Lurah, Sekolah dan rumah ibadah, kita juga mendirikan posko dan dapur umum, semua kebutuhan warga telah kita siapkan,"pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

  • Dandim Medan Dampingi Walikota Medan dan BWS Sumatera II Tinjau Banjir Kota Medan
  • 0

Terkini