Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cegah Radikalisme, BNPT Berikan Masukan Ke Pemerintah Untuk Kontrol Semua Tempat Ibadah

Selasa, 05 September 2023, September 05, 2023 WIB Last Updated 2023-09-04T18:22:12Z
Wasantaraonline.com | Jakarta - Berkaca dari negara-negara tetangga, untuk mencegah proses radikalisasi sudah semakin masif, terutama menggunakan tempat ibadah sebagai sarang pergerakannya maka Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengusulkan kepada pemerintah untuk mengontrol semua tempat ibadah di Indonesia. 

Hal ini disampaikan Kepala BNPT Rycko Amelza Dahniel dalam rapat dengan Komisi III DPR, saat menanggapi pernyataan anggota DPR Komisi III Fraksi PDIP, Safaruddin. Senin (4/9/2023).

Safaruddin mengulas karyawan BUMN yakni PT KAI yang terpapar paham radikalisme. Berdasarkan pengamatan Safaruddin, terdapat masjid di BUMN kawasan Kalimantan Timur yang setiap hari mengkritik pemerintah.

"Ya memang kalau kami di Kalimantan Timur Pak, ada masjid di Balikpapan itu Pak, itu Masjidnya Pertamina, tapi tiap hari mengkritik pemerintah di situ Pak, di dekat Lapangan Merdeka itu," ujar politikus PDIP itu.

BNPT menanggapi. "Kiranya kita perlu memiliki mekanisme kontrol terhadap penggunaan dan penyalahgunaan tempat-tempat ibadah yang digunakan untuk penyebaran paham radikalisme," kata Rycko Amelza Dahniel dalam rapat.

BNPT sudah melakukan studi banding di negeri jiran Singapura dan Malaysia serta negara-negara yang jauh, yakni di Oman, Qatar, Arab Saudi, serta negara di Afrika Utara, yakni Maroko.

"Di Malaysia, semua masjid, tempat ibadah, petugas di dalam yang memberikan tausiyah, memberikan khotbah, memberikan materi, termasuk kontennya di bawah kontrol pemerintah," kata dia.

Rycko mengusulkan agar ada mekanisme kontrol serupa di Indonesia. Ini tidak khusus untuk masjid saja, melainkan juga untuk semua tempat ibadah dari agama apa pun di Indonesia.

"Mungkin, dalam kesempatan yang baik ini, kita perlu memiliki sebuah mekanisme untuk melakukan kontrol terhadap seluruh tempat ibadah, bukan hanya masjid, tapi semua tempat peribadatan kita. 

Siapa saja yang boleh memberikan, menyampaikan konten di situ, termasuk mengontrol isi daripada konten supaya tempat-tempat ibadah kita ini tidak dijadikan alat untuk menyebarkan ajaran-ajaran kekerasan, ajaran-ajaran kebencian, menghujat golongan, pimpinan, bahkan menghujat pemerintah," tutur dia.

Rycko merasa Indonesia perlu belajar dari negara-negara tetangga, negara di Timur Tengah, dan negara di Afrika. Soalnya, BNPT menilai penggunaan tempat ibadah untuk proses radikalisasi sudah sedemikian masif.

Komentar

Tampilkan

  • Cegah Radikalisme, BNPT Berikan Masukan Ke Pemerintah Untuk Kontrol Semua Tempat Ibadah
  • 0

Terkini