Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kapolri Ungkapkan Penyebab Kemacetan Parah di Jalan Lintas Sumatera

Minggu, 07 April 2024, April 07, 2024 WIB Last Updated 2024-04-06T19:59:21Z
Jakarta, wasantaraonline.com - Perlu diketahui, arus mudik lebaran 2024, telah terjadi kemacetan parah di Jalan Lintas Sumatera sepanjang 12 km, dari Km 58 hingga Km 70, Jalan Betung, Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat (5/4/2024). 

Hal ini diungkapkan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau salah satu pos pelayanan Mudik Lebaran di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024). 

Disampaikan Kapolri bahwa kemacetan tersebut terjadi karena adanya potensi banjir di wilayah Lintas Sumatera itu, sehingga menghambat mobilitas pemudik.

"Khusus untuk wilayah Sumatera, wilayah Palembang sana, itu ada potensi genangan air sehingga kemudian ini mengganggu proses perjalanan mudik lebaran 2024," kata Listyo. 

Untuk itu, dikatakan Kapolri bahwa pihaknya tengah mencoba mengatasi kemacetan panjang agar bisa memberikan kenyamanan dan kelancaran untuk pemudik yang melintasi wilayah tersebut. 

"Jadi, kemacetan ini, telah coba untuk kita urai sehingga gangguan alam ini bisa teratasi," ujarnya. 

Lebih jauh, orang nomor satu di Kepolisian menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas yang tadinya dua arah, kini dibuat bergantian pada Jalan Lintas Sumatera itu. 

"Sementara kita atur mana yang kita berangkatkan karena sempat dua arah dan kita buat bergantian. Ini juga, kita harapkan segera bisa teratasi," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, pihak Mabes Polri memperkirakan puncak arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 H bakal terjadi sekitar 5 April 2024. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan puncak arus mudik tersebut masih perlu dilakukan analisa dan dikoordinasikan dengan pihak terkait. 

"Kami sudah sampaikan sekitar tanggal 5 april 2024 (puncak arus mudik) tadi. Namun demikian, hasil analisa dan evaluasi sementara ini akan dilakukan rapat dengan stakeholder terkait nanti kita akan sampaikan terkait dengan puncak baik itu mudik maupun arus balik," ujarnya di Divisi Humas Polri, Rabu (6/3/2024). 

Kemudian, Trunoyudo menerangkan bahwa pihaknya juga telah siap menerapkan rekayasa lalu lintas mulai 5 April 2024. Rekayasa lalin ini di antaranya, contraflow, one way dan pembatasan operasional angkutan barang sumbu 3. 
Komentar

Tampilkan

  • Kapolri Ungkapkan Penyebab Kemacetan Parah di Jalan Lintas Sumatera
  • 0

Terkini