Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Seduhan Secangkir Kopi Berkelas A'la Roastery Kopi Premium Medan

Kamis, 17 Desember 2020, Desember 17, 2020 WIB Last Updated 2020-12-17T05:13:17Z
Wasantara - Dalam meramu dan menyajikan secangkir kopi yang berkelas, sudah tentu bukan pekerjaan gampang, pekerjaan para peracik kopi itu dikenal sebutan "Barista", harus mempunyai kemampuan khusus dalam membuat seduhan kopi khas miliknya.

Hal ini diungkapkan Rizky Hadi, 45 tahun, saat ditemui wartawan di Roastery Kopi Premium di Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Sumut yang berada di kompleks Ruko Tomang Elok Sei Sikambing Jalan Gatot Subroto No.133 Medan, baru- baru ini.

Diakui, Rizky, ia telah puluhan tahun berprofesi Barista, berkecimpung khusus dalam memproses awal dari biji kopi hingga meracik kopi menjadi segelas kopi khasnya itu.

Menurut Rizky, selaku Barista harus mempunyai keterampilan lebih terutama dalam memilih biji kopi segar atau green bean yang fresh. Tampilan fisik Green Bean harus segar dan baru dipanen petani Kopi dan dijemur dengan kadar air sekitar 10-14 persen.

Jadi dalam menjaga kualitas kopi dirinya selalu turun tangan untuk meroasting dan hasil profil roasting harus bisa sesuai keinginan dari para pelanggannya, ujar Rizky.

Dikatakan Rizky, ada tujuh daerah menjadi penghasil kopi jenis Arabika dan Robusta yakni biji Kopi berasal dari Gayo, Mandailing, karo, Siborong borong, Lintong, Simalungun dan sidikalang. Uniknya, biji Kopi dari daerah Tapanuli atau Kopi lintong saat di roasting agak beraroma wangi rempah khas.

Diakui Rizky, bahwa kunci sukses menjadi Barista, cuma satu syarat utama yakni, dalam menjalani sesuatu pekerjaan harus dimulai dari hati, yakinlah dengan hati, kita akan berhasil membuat seduhan kopi nikmat untuk diminum dan disajikan kepada pelanggan kopi secara langsung, terangnya.

Jadi sepertinya sah jika kita, mengatakan bahwa menjadi barista bukanlah suatu pekerjaan gampang dan tidak segampang membalikkan tangan. Meski pekerjaan itu tampak seolah terlihat mudah, sebut Rizky.

Sementara itu, salah seorang pelanggan setia Kedai Roastery Kopi Premium, sebut saja Erick Vincent, ia mengakui selepas kerja, dirinya selalu menyempatkan diri datang ke kedai itu hanya untuk menikmati secangkir Kopi Mix, kopi racikan khusus dimana campuran antara Kopi jenis Arabika dan Robusta.

"Memang sih, selepas kerja, saya menyempatkan diri untuk singgah di kedai ini hanya sekadar menyeruput seduhan Kopi khusus racikan Barista Rizky, "sebut Erick yang juga pegawai yang berdinas di Koperasi Sumut.

Nah, untuk itu saya merekomendasi teman- teman penikmat kopi, boleh datang dan buktikan sendiri seduhan Kopi berkelas ala "Barista" handal Rizky di kedai Roastery Kopi Premium Medan, pungkas Erick.


Komentar

Tampilkan

  • Seduhan Secangkir Kopi Berkelas A'la Roastery Kopi Premium Medan
  • 0

Terkini