Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Jaga Ketahanan Pangan, Gubsu Panen Perdana Kentang & Dukung Olahan Hasil Pertanian

Kamis, 18 Februari 2021, Februari 18, 2021 WIB Last Updated 2021-02-17T17:02:03Z
Wasantara.online @ Karo – Dalam rangka menjaga ketahanan pangan terutama pada masa pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan terus mendorong dan membantu para petani sehingga ketahanan pangan bisa terwujud.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didampingi Ketua PKK Sumut Nawal saat melakukan panen perdana kentang bersama para petani di Desa Gung Pinto, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Selasa (16/2) kemarin. 

Panen kentang ini adalah hasil bantuan program stimulus ekonomi di masa pandemi Covid-19. Bantuan tersebut adalah bagian dari program pemulihan ekonomi Sumut, khususnya di sektor pertanian. Karena, pandemi Covid-19 telah berdampak pada seluruh sektor kehidupan, termasuk para petani, banyak yang terpuruk akibat pandemi.

Kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dan rombongan disambut dengan tarian tradisional dari masyarakat setempat. 

Usai panen kentang, Gubsu menyempatkan diri bersilaturahmi bersama masyarakat dengan duduk bersama tokoh adat dan tokoh agama dengan duduk bersila beralaskan tikar.

Gubsu mengapresiasi para petani  kentang yang bisa mengolah hasil pertanian, untuk dijadikan penganan enak dan dikemas sederhana. Gubernur pun mendukung hasil pertanian serta olahan di desa ini untuk dijadikan industri makanan olahan.

"Saya memprioritaskan bantuan ini karena masyarakat di sini, bisa berbuat yang terbaik. Untuk itu,  selaku Gubsu meminta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut agar memberikan penghargaan karena (hasil olahan) ini prestasi masyarakat," sebut Gubsu.

Selain itu, Gubsu menegaskan keseriusannya terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten Karo, dimana pada saat pandemi Covid-19, daerah ini mampu bertahan dengan angka pertumbuhan ekonomi yang berada pada level positif.

"Jika ada kesulitan, silakan sampaikan langsung ke saya. Kenapa saya bilang begitu, karena tempat ini anugerah Tuhan, yang masyarakatnya bisa bertahan walaupun di dekatnya ada Gunung Sinabung yang terus erupsi. Jadi apa yang bisa kami bantu, datang ke tempat saya," ujar Edy.

Untuk itu, Edy juga meminta dinas terkait dan pemerintah setempat memperhatikan apa saja perkembangan di sektor pertanian hingga evaluasi. Tujuannya adalah memastikan komoditi yang sesuai dengan kondisi iklim serta bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Kegiatan ini harus benar-benar dibina dan dievaluasi. Apa yang cocok ditanam, apakah kentang, cabai dan lainnya, bisa juga secara bergantian," tegas Gubsu. 

Senada Gubsu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Dahler Lubis mengatakan bahwa Gubsu telah menyerahkan sejumlah alat mesin pertanian, berupa alat semprot dan becak pengangkut hasil pertanian, serta puluhan ton bibit kentang, pupuk organik hingga mendorong penggantian penggunaan pupuk anorganik.

Turut hadir Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, dan Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, Kepala Dishub Sumut Abdul Haris Lubis, Plt Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, dan Kabiro Umum M Fadly.
Komentar

Tampilkan

  • Jaga Ketahanan Pangan, Gubsu Panen Perdana Kentang & Dukung Olahan Hasil Pertanian
  • 0

Terkini