Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

BMKG : Terjadi Gempa 4,1 SR di Aceh Barat Daya dan Terasa Sampai Madina Sumut

Jumat, 09 April 2021, April 09, 2021 WIB Last Updated 2021-04-09T10:36:55Z


Wasantara.online @ Medan 
- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyampaikan bahwa terjadi gempa bumi dengan kekuatan 4,1 SR pada hari ini, Jumat (9/4/2021) sekitar pukul 15.09 WIB.

Hal ini disampaikan Plt Kepala BMKG Wilayah I Medan Eridawati saat dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa telah terjadi Gempa Bumi dengan 4,1 SR, Jumat (9/4/2021).

Plt Kepala BMKG Wilayah I Medan Eridawati menyampaikan gempa tektonik berpusat di Aceh Barat Daya. Namun, guncangan gempa terasa hingga di wilayah Panyabungan, Mandailing Natal (Madina), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Pada Jumat, (9/4/2021) pukul 15:09:03 WIB, daerah Aceh Barat Daya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,1 SR,” ujar Eridawati

Eridawati menuturkan bahwa episenter terletak pada koordinat 3,41 LU dan 96,90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 kilometer Barat Daya Kabupaten Aceh Barat Daya pada kedalaman 28 kilometer.

Lanjutnya, gempa bumi diakibatkan oleh aktivitas subduksi yang berada di bagian Barat Pulau Sumatera.

“Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas subduksi yang berada di bagian Barat Pulau Sumatera,” sambungnya.

 “Berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Panyabungan – Madina II MMI. Biasanya dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda ringan yang menggantung bergerak, misalnya lampu gantung,” lanjutnya.

Hingga pukul 15:35 WIB, ia mengatakan bahwa hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

Dengan demikian, ia menuturkan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.(*/tnc/Edi)

Komentar

Tampilkan

  • BMKG : Terjadi Gempa 4,1 SR di Aceh Barat Daya dan Terasa Sampai Madina Sumut
  • 0

Terkini

Topik Populer