Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bobby Klaim Kota Medan Masih Zona Orange, Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Keliru

Kamis, 10 Juni 2021, Juni 10, 2021 WIB Last Updated 2021-06-10T14:09:38Z
Wasantara.online @ Medan - Walikota Medan Bobby Nasution membantah pernyataan Satgas Penanganan Covid-19 Sumut yang menyebut Kota Medan masuk kembali ke zona merah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Walikota mengklaim Medan saat ini masih berada di zona orange atau kuning, seperti yang ditampilkan pada laporan harian Satgas Covid-19 Medan.

Berdasarkan informasi yang diterimanya perubahan Medan menjadi zona merah karena ada penambahan kasus di Pasar MMTC. Padahal pasar tersebut bukan wilayah Medan, tapi Kabupaten Deli Serdang.

"Saya baca juga kemarin, seperti MMTC, lokasi itukan bukan wilayah Medan, tapi disebutkan Medan, mungkin wilkum (wilayah hukum), mungkin dari Polres menyampaikan itu, kalau di bilang Medan itu bukan, wilayah Deli Serdang, nah itu, keliru mereka, kalau secara keseluruhan masih orange," katanya saat ditemui usai menghadiri acara di Sekretariat GMKI Jalan Iskandar Muda, Kamis (10/6/2021).

"Sebenarnya kita lihat sekarang itu zona orange, dilihat dari PPKM mikro, mungkin yang disampaikan kemarin, ada beberapa tempat," sambungnya.

Disinggung mengenai pengumuman zona merah Kota Medan juga disampaikan di website nasional, Bobby pun tidak bergeming, Bobby bersikukuh menyebut Kota Medan masih zona orange.

"Ini kan PPKM mikro, kalau merah ada penambahan dari lingkungan yang dilakukan penindakan, ini akan terus diupdate penambahannya, kalau dilihat hari ini penambahannya hari ini masih orange bukan merah," tegasnya.

Seperti diberitakan, Satgas Penanganan Covid-19 pusat kembali mengupdate peta risiko zonasi daerah penyebaran Covid-19. Sesuai hasil pembobotan skor yang dilakukan per tanggal 25 April melalui website covid19.go.id/peta-risiko, Kabupaten Deliserdang kembali ditetapkan sebagai zona merah (risiko tinggi).
 
Berdasarkan data yang diperoleh, Selasa (27/4/2021) selain Kota Medan, terdapat pada 20 kabupaten/kota lainnya di Sumut yang berzona oranye. Masing-masing Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Pakpak Bharat, Samosir, Madina, Sergai, Batubara, Gunung Sitoli, Dairi, Tapteng, Tobasa, Labusel, Sibolga, Tapsel, Karo, Labura, Binjai, Taput, Langkat dan Pematang Siantar.

Sedangkan untuk daerah berzona kuning hanya terdapat 8 Kabupaten/Kota, yakni Padang Lawas, Labuhanbatu, Nias, Paluta, Simalungun, Humbahas, Padang Sidimpuan, dan Asahan. Lalu untuk zona hijau, masih tetap pada 3 daerah, yaitu Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyebutkan, akumulasi kasus konfirmasi positif di Kabupaten Deliserdang saat ini telah berjumlah 4.202 orang usai kembali didapatkan 15 kasus baru. Kemudian untuk angka kesembuhan tidak ada diperoleh penambahan, sehingga tetap berjumlah 3.361 orang. Begitu juga dengan angka kematian masih tetap berjumlah 139 orang.

"Oleh karena itu saat ini angka penderita aktif Covid-19 di Deliserdang berjumlah 702 orang, baik yang melakukan isolasi di rumah sakit maupun mandiri," ungkapnya.


 
Komentar

Tampilkan

  • Bobby Klaim Kota Medan Masih Zona Orange, Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Keliru
  • 0

Terkini

Topik Populer