Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Update, Pasca Erupsi Gunung Semeru, 5.205 Warga Terdampak, 22 Meninggal dan Puluhan Orang Belum Ditemukan

Senin, 06 Desember 2021, Desember 06, 2021 WIB Last Updated 2021-12-06T13:52:13Z
Wasantaraonline.com | Lumajang, Jatim - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan melalui data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) sebanyak 22 orang meninggal dunia akibat awan panas guguran Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sebanyak lima dari total korban meninggal belum bisa diidentifikasi.

"Data pukul 19.30 WIB, jumlah korban meninggal yang dilaporkan Pusdalops BNPB itu 22 orang," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam konferensi pers, Senin (6/12/2021).

Abdul Muhari merinci korban meninggal dunia yang dilaporkan sebanyak 14 orang di Kecamatan Pronojiwo dan delapan orang di Kecamatan Candipuro. Pada korban meninggal di Kecamatan Pronojiwo, terdapat lima jenazah yang belum terindentifikasi, sedangkan dua jenazah sudah berada di RSUD Pasirian dan tiga jenazah lain ditemukan di RT 16/05 Curah Kobokan, sekitar pukul 14.15 WIB.

"Sembilan korban lain di Kecamatan Pronojiwo sekarang sudah dimakamkan," ujarnya.

Pada delapan jenazah di Kecamatan Candipuro, terdapat satu jenazah korban ditemukan di Dusun Kebondeli Selatan, pukul 15.45 WIB, yang masih belum teridentifikasi. 

"Kami juga menerima laporan Pusdalops, masih ada 27 korban hilang yang masih jadi fokus pencarian tim pencarian, dan total masyarakat terdampak di dua kecamatan terdampak langsung guguran awan panas, maupun delapan kecamatan terdampak debu vulkanis sebanyak 5.205 orang," kata dia.

Abdul Muhari menjelaskan jumlah pengungsi di 19 titik pengungsian sebanyak 2.004 jiwa dengan rincian 305 jiwa di sembilan titik Kecamatan Pronojiwo, 1.136 jiwa di enam titik Kecamatan Candipuro, dan 563 jiwa di empat titik Kecamatan Pasirian. 

Kebutuhan logistik dasar, permakanan, selimut, matras untuk para pengungsi sudah terpenuhi. Jika nantinya masih membutuhkan penambahan, ia menjelaskan kementerian/lembaga sudah siap untuk memenuhi.

Komentar

Tampilkan

  • Update, Pasca Erupsi Gunung Semeru, 5.205 Warga Terdampak, 22 Meninggal dan Puluhan Orang Belum Ditemukan
  • 0

Terkini

Topik Populer