Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Tim Pengerak PKK Kecamatan Medan Area Terima Tim Evaluasi PKK Provsu di Lapangan Barasokai Medan

Kamis, 03 November 2022, November 03, 2022 WIB Last Updated 2022-11-03T00:42:46Z
Medan, Wasantaraonline.com – Ketua PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution meminta agar ibu-ibu PKK Kota Medan, Khususnya TP PKK Kecamatan Medan Area untuk terus mengkampanyekan pelaksanaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test dan Pemeriksaan Secara Klinis (Sadanis) kepada para perempuan, karenakan hampir setiap hari terjadi peningkatan penderita kanker serviks dan Payudara. 

Hal ini disampaikan Wakil Ketua I Tim Pengerak PKK Kota Medan Ny Ismiralda Wirya Alrahman saat menerima kunjungan Tim Evaluasi PKK Provinsi Sumut (Provsu), di Lapangan Barasokai, halaman kantor Kecamatan Medan Area, Jalan Rahmadsyah No. 2 Kota Medan, Rabu (02/11/2022).
Dikatakan Ismiralda Wirya Alrahman bahwa Tim penilai bukan hanya untuk menang, tapi memberikan target untuk bagaimana kita memberikan penyuluhan kepada para Ibu-Ibu Rumah Tangga, khususnya warga Kota Medan di Kecamatan Medan Area untuk mengikuti Iva Test. 
Terkait hal tersebut, Wakil Ketua I PKK Kota Medan berharap kepada masyarakat Kota Medan, Khusus Wanita Usia Subur untuk ikut melaksanakan Iva Test, dan ikut serta dalam percepatan penurunan kanker serviks dan kanker payudara. 

Dalam kegiatan tersebut, Plt. Ketua TP PKK Medan Area, dr. Asni Novita Andy Mario menyampaikan pada Tahun 2021, dari 8.818 Warga Usia Subur (WUS) di Kecamatan Medan Area, ada 8.119 telah mengikuti IVA Test dan Sadanis mencapai 92,16 persen.
 
" Untuk Tahun 2022, mulai Bulan Januari - September 2022, dari 8.452 WUS sebanyak 8.385 telah mengikuti IVA Test dan Sadanis atau berkisar 99,27 persen," ungkapnya.
 
Asni Novita Andy Mario juga memaparkan program-program terkait IVA Test yang dilaksanakan di Medan Area. Program jangka pendek, sebutnya, mendatakan sasaran IVA Test, sosialisasi di berbagai tempat antara lain posyandu balita, sanggar pasutri, pertemuan bulanan PKK, juga melakukan pelayanan serta pemeriksaan IVA Test dan Sadanis. 
 
Sedangkan program jangka panjang, lanjutnya, adalah membentuk Remaja Duta IVA Test, membentuk Sanggar Pasutri IVA Test, membentuk Pejuang/Pemimpin Sadar Kanker Serviks.
 
Sementara itu, Ketua Tim Evaluasi PKK Provsu dr Netti Harnita membacakan sambutan tertulis Ketua PKK Provsu, Ny Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi kepada PKK Pemerintah Kota Medan, dirinya dengan keberhasilannya sebagai nominator dan ikut dari bagian evaluasi PKK tahun 2022.

“Kami sangat apresiasi tinggi atas kesiapan Kecamatan Medan Area ini dalam mengikuti dan menyukseskan kegiatan tim penggerak PKK. Pertemuan ini merupakan sebuah keistimewahan, dan juga kebanggaan karena sudah mampu mencapai tahap evaluasi setelah bersaing ketat dan masuk nominasi hasil monitoring,” ucap Netti Harnita.

Lanjutnya, persaingan untuk menjadi yang terbaik adalah suatu tantangan yang menarik untuk dihadapi dalam rangka mengukur dan menimbang sikap kualitas dari program kerja yang telah dilaksanakan, , sehingga kesimbangan antara perencanaan pelaksanaan pengawasan evaluasi dapat di analisa dengan baik cermat dan terukur.

Kemudian, dr Netti Harnita, secara umum kegiatan evaluasi ini meliputi bidang kelembagaan, bidang administrasi, bidang kelompok kerja yang mengelola 10 program pokok PKK Kota Medan khusus Kecamatan Medan Area sudah baik. 

Dalam kunjungan Tim Evaluasi PKK Provsu, selain mendengarkan pemaparan dari pihak TP PKK Medan Area, Tim Evaluasi TP PKK Sumut juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi pelayanan IVA Test gratis di puskesmas dan sanggar IVA di wilayah Kelurahan Sukaramai I.
 
Sebelum meninjau Sanggar IVA, Tim Evaluasi PKK Provsu, Kadis Kesehatan Medan, Dr. Taufik Ririansyah, Plt Camat Medan Area Andi Mario Siregar, Ketua TP PKK Medan Area, dr. Asni Novita Andy Mario, Wakapolsek Medan Area AKP Khairuddin, Wadanramil Medan Kota Kapten Inf Dili Timor, Ketua LPM Medan Area Edi Sukarno dan Ketua KUA Medan Area Rizal Harahap MA, berfoto bersama. 
Komentar

Tampilkan

  • Tim Pengerak PKK Kecamatan Medan Area Terima Tim Evaluasi PKK Provsu di Lapangan Barasokai Medan
  • 0

Terkini