Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ir H. Darianto MSc Sosialisasi Peternakan Ayam Hingga Pembuatan Pakan Ayam

Selasa, 06 Desember 2022, Desember 06, 2022 WIB Last Updated 2022-12-05T19:42:58Z
Deli Serdang, Wasantaraonline.com - Untuk meningkatkan Ketahanan Pangan khususnya di bidang peternakan ayam, maka diperlukan bibit ayam yang unggul hingga pakan ternak ayam yang murah dan bernilai ekonomis bagi warga masyarakat di perdesaan. 
Hal ini disampaikan Dosen Fakultas Teknik Universitas Medan Area (UMA) Ir H. Darianto MSc dalam sosialisasi pembuatan pakan ternak dan cara peternakan ayam kampung dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Dusun VI, Desa Sei Semayang Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Senin (05/12/2022). 

Menurut Ir Darianto bahwa dalam membangun perekonomian desa terutama pada sektor peternakan ayam sangatlah mudah diaplikasikan, mulai pembuatan kandang, bibit ayam hingga cara pembesaran ayam kampung hanya membutuhkan waktu 90 hari. 
Dikatakan Ir Darianto bahwa dalam kandungan pakan Ayam ini harus ada kandungan protein yang didapat dari 8 bahan yakni dari Sagu, Jagung, Bungkil Sawit, Bungkil Kopra, Roti, Cumi, Tuna, dan terakhir Dedak, kemudian semua bahan itu dicampurkan dan menghasilkan pelet pakan Ayam kandungan Protein 18 -20 persen. 

Selain melatih warga untuk beternak ayam Kampung, dalam kegiatan ini, ia telah memberikan pelatihan pembuatan pakan ayam dan akan mendampingi warga Dusun VI Desa Sei Semayang agar dapat memproduksi pakan ternak secara mandiri dengan mesin yang telah disediakan Dosen Pengabdi UMA sebagai bentuk wujud nyata kepedulian kepada masyarakat perdesaan, jelas Ir Darianto. 

Ir. Darianto berharap para warga Dusun VI Desa Sei Semayang, yang kebetulan para ibu rumah tangga agar bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk beternak ayam guna meningkatkan gizi keluarga dan bisa menjadi usaha alternatif dalam menopang perekonomian keluarga masing-masing. 
"Semoga bantuan mesin dan pendampingan pembuatan pakan ternak ini bisa bermanfaat, Gizi warga terpenuhi dan perekonomian perdesaan bisa maju, dengan penyediaan pakan yang efisien, murah dan terjangkau bisa terwujud", pungkas Ir Darianto. 

Penulis : Edi Sukarno
Komentar

Tampilkan

  • Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ir H. Darianto MSc Sosialisasi Peternakan Ayam Hingga Pembuatan Pakan Ayam
  • 0

Terkini