Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemkab Samosir Tampilkan Produk Kerajinan, Kopi Hingga Ulos di Arena PRSU ke-49

Senin, 19 Juni 2023, Juni 19, 2023 WIB Last Updated 2023-06-18T18:59:25Z
Wasantaraonline.com | Medan - Berbagai jenis produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan komoditi pertanian dari Kabupaten Samosir dipamerkan di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 di Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan yang dibuka Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dengan menabuh gondang Batak, Jumat (16/6/2023).
Acara pembukaan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Samosir Martua Sitanggang bersama Ketua DPRD Samosir Sorta Ertaty Siahaan, Pj Sekda Naslindo Sirait, para Asisten, pimpinan SKPD anggota DPRD Saur Tua Silalahi, Ketua TP-PKK Ny Harta Rohana M Sitanggang, sejumlah camat dan Kabag Sekdakab Samosir.
Pemkab Samosir ikut memeriahkan ajang kreatif daerah tahunan ini dengan menampilkan produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari sektor pangan, kerajinan, serta ulos khas Batak Toba binaan Dekranasda dan Dinas Nakerkoperindag dengan harapan mampu memajukan ekonomi masyarakat.

Martua Sitanggang kepada wartawan menjelaskan, Pemkab Samosir tak pernah absen mengikuti PRSU di Medan dalam upaya mempromosikan berbagai jenis produk kerajinan hingga komoditi pertanian dari kabupaten berjuluk "Negeri Indah Kepingan Surga itu".
"Jadi, kalau PRSU ini juga sama halnya dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta dahulu, namun tingkat provinsi dimana setiap kabupaten/kota membuat stand dan didirikan atau dibangun oleh kabupaten/kota sendiri. Acara ini dilakukan sekali satu tahun, selama 30 hari," jelas Sitanggang, Sabtu (17/6/2023).

Wabup Samosir menambahkan, UMKM yang ditonjolkan dari Kabupaten Sanosir di arena PRSU tahun ini salah satunya produk keripik pisang, stik ubi ungu dan stik labu.
Kemudian UMKM Pardosir dengan produk kopi bubuk arabica, kopi bubuk robusta dan kopi bubuk volcano.

Selanjutnya UMKM Sinergi dengan produk kopi bubuk arabica, UMKN Alusi Coffee dengan produk kopi bubuk arabica, UMKM Samandali dengan produk bumbu andaliman, UMKM Sijelok Samosir dengan produk keripik labu dan keripik pisang.

Lanjut Wabup, di stand juga menampilkan produk kue nastar khas Samosir, kerupuk kulit ikan, kembang loyang berbahan singkong atau ubi.

"Samosir juga menampilkan berbagai seni budaya seperti tari-tarian serta kerajinan tangan seperti ulos," kata Martua Sitanggang.

Menurutnya, para pimpinan SKPD sudah mengatur personel untuk menjaga stand Pemkab Samosir di PRSU ke-49 yang akan berlangsung selama 30 hari ke depan, hingga bulan Juli mendatang. 
Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Samosir Tampilkan Produk Kerajinan, Kopi Hingga Ulos di Arena PRSU ke-49
  • 0

Terkini