Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pelantikan dan Pembinaan LPM Kelurahan Se-Kecamatan Medan Area Berjalan Sukses

Jumat, 04 Agustus 2023, Agustus 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-05T02:48:50Z
Wasantaraonline.com | Medan - Saat ini, keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Medan semakin diperhitungkan di tengah -tengah masyarakat Kota Medan, LPM sebagai mitra strategis Pemko Medan, keeksisan LPM juga telah menjadi barometer bagi lembaga-lembaga yang lain.
Hal ini disampaikan Ketua DPD LPM Kota Medan, Muhammad Hery Bolon SE dalam. Acara Pelantikan dan Pembinaan LPM Kelurahan se-Kecamatan Medan Area di Lapangan Barasokai Jalan Rahmadsyah Medan, Kamis (3/8/2023) sore.
Kegiatan yang berlangsung lebih dari tiga jam tersebut bisa dikatakan cukup sukses, hal itu tidak terlepas arahan dan bimbingan dari Ketua DPC LPM Kecamatan Medan Area Edi Sukarno dan Ketua DPD LPM Kota Medan Hery Bolon, Ustadz Saladin, H.Edi Syahputra Taher, Rasyid Siregar, Edison Helman dan HM.Nasir Harahap.

Dalam pelaksanaan kegiatan didahului dengan pembacaan do'a dari Ustadz H.Salman Alfarisi. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars LPM.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia kegiatan yang disampaikan M.Ali Hari.

Puncak acara kegiatan pelantikan pengurus LPM Kelurahan se-Kecamatan Medan Area yang dibacakan oleh Idris, selaku Wakil Sekretaris.

Ketua, Sekretaris, Bendahara (KSB) 12 LPM Kelurahan se-Kecamatan Medan Area dilantik oleh Ketua LPM Kecamatan Medan Area yang didampingi pengurus DPD LPM Kota Medan.
Diakhiri dengan foto bersama dengan para tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Seperti diketahui kegiatan pelantikan dan pembinaan yang digelar di depan Kantor Kecamatan Medan Area ini dihadiri beberapa tokoh Kota Medan, diantaranya Kepala Basarnas Medan, Budiono SE,  Ustadz Salman Alfarisi Lc.MA, Afif Abdillah, Wahyudi SS, Eli Juliati S.Ag, Bobby Christian Halim SH, MH. 

Turut hadir juga, Camat Medan Area Irfan Asardi Siregar S.Sos diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Muhammad Hafiz S.Sos,MAP, dan ada juga perwakilan dari anggota DPD RI Dr. Badikenita Br Sitepu SE,SH.

Pada pukul 16.00 WIB Ketua DPD LPM Kota Medan M. Heri Bolon memberikan sambutan dalam sambutannya dia mengucapkan agar pengurus yang baru dilantik dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah.

"Kami ucapkan selamat atas pelantikan ini kepada pengurus LPM di 12 Kelurahan se-Kecamatan Medan Area, serta bangun terus kolaborasi dengan pemerintahan di kelurahan masing-masing, tunjukkan atau perlihatkan terlebih dahulu kinerja kita kepada masyarakat dan aparat pemerintah setempat, Insya Allah akan memperoleh simpati," ucapnya.

Heri Bolon menjelaskan, bahwa LPM, saat ini sudah menjadi lembaga yang diperhitungkan. Itu sudah pasti, jadi harapan saya tetaplah jalin kerjasama yang baik dan terukur kepada pemerintahan di wilayahnya masing-masing.

Jika ada kendala dan hambatan di dalam kerjasama itu sudah biasa namun yang terpenting tetap lakukan komunikasi dengan pengurus LPM Kecamatan.

Yang terpenting saat ini, setiap kegiatan di Pemko Medan dan jajaran dibawahnya tetap LPM selalu dilibatkan didalamnya, sebab LPM adalah salah satu mitra strategis pembangunan Pemko Medan", pungkas Hery Bolon.

Sementara itu, Selaku Ketua DPC LPM Medan Area Edi Sukarno menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPD LPM Kota Medan M. Heri SE, Dewan Pakar LPM Kecamatan Medan Area Edi Syahputra Taher, Sartjipto, Tokoh masyarakat H. Salman Alfarisi LC, H. Wahyudi, Hj Eli Juliati SAg, Hasyim SE, Bobby Christian Halim SH. 

Lanjut, H. Surianto (Butong), Afif Abdillah SE, Camat Medan Area Irfan Asardi dan Kakansar Medan Budiono SE serta para donatur lainnya sehingga acara dapat berjalan lancar dan sukses, kata Edi Sukarno. 

Hadir juga, Octo dari Basarnas  memaparkan wilayah kerja serta ruang lingkup kerja SAR Medan yang ada di 26 Kab/Kota.

Di waktu yang sama, saat pembinaan, Ketua DPC LPM Kecamatan Medan Area, Edi Sukarno mengakui bahwa program LPM jelas diatur namun kadang kala dalam pelaksanaan di lapangan, semua sikap, perilaku dan tindakan lurah jauh berbeda. 

Edi mengucapkan rasa syukur, berkat dukungan Camat Medan Area Irfan Asardi Siregar, dari 12 Kelurahan di Kecamatan Medan Area cuma ada 2 lurah yang membandel dan bahkan berani mengambil kebijakan tak populis dan melawan Perda Walikota Medan No. 2 Tahun 2013.

Dimana, dalam Perda tersebut dengan jelas mengatur bahwa Lurah harus /memfasilitasi kegiatan LPM dan bukan menjadi penyelenggara LPM. Adapun kedua Lurah yang tak populis itu yakni Lurah Pandau Hulu II, Rizki Hari Adam Lubis dan Lurah Sei Rengas Permata, Mirnaloy, terang Edi. 

Baik Lurah Sei Rengas Permata dan Lurah Pandau Hulu II yang sudah pindah menjadi Kabid Perdagangan dan Kemetrologian dengan meninggalkan sikap arogan dan terkesan zholim kepada LPM Kelurahan Pandau Hulu II dengan membentuk LPM tandingan.

Serupa tindakan Lurah PH II, Lurah Sei Rengas Permata Mirnaloy juga bersikap arogan mengakangi Perda juga membentuk LPM sendiri tanpa prosedur dan tatib yang berlaku. 

Tindakan ini, kedua Lurah itu sangat menjatuhkan harkat dan martabat LPM  yang terbentuk sesuai aturan yang ada dikatakan sebagai LPM illegal. 

Sungguh ironis, Camat selaku pemimpin menyatakan mendukung penuh kegiatan LPM namun justru kedua Lurah lain sikap dan tindakannya. Atensi Camat Medan Area cukup jelas, namun kedua Lurah merasa hebat, bisa jadi dan sangat mungkin ada bekingan pejabat atas ataupun titipan pejabat makanya Camat terlihat tak bisa mengatur tindakan kedua Lurah, duga Edi. 

"Semoga Walikota Medan bisa memberikan perhatian atas keluh, kesah LPM Kelurahan atas tindakan Kedua Lurah tersebut, LPM aja sudah berani diobok-obok, apalagi kebijakan Walikota terutama yang bersentuhan dengan kesejahteraan warga, dapat dipastikan berani disunat mereka", pungkas Edi. 

Komentar

Tampilkan

  • Pelantikan dan Pembinaan LPM Kelurahan Se-Kecamatan Medan Area Berjalan Sukses
  • 0

Terkini