Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pj Gubsu Dukung Kawasan Pertanian Pertanian Parbuluan Dairi Bisa Jadi Lumbung Pangan Sumut

Senin, 06 November 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-05T19:05:43Z
Wasantaraonline.com | Sidikalang - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengapresiasi langkah Bupati Dairi dalam mewujudkan ketahanan pangan Kabupaten Dairi dan bisa menjadi lumbung pangan Sumut serta bisa menciptakan kestabilan harga pangan Sumatera Utara. 
Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur Sumut atau Pj Gubsu, Dr Hassanudin saat meninjau Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) di Desa Parbuluan V, Dairi, Kamis (2/11/2023)lalu. 

Kehadiran Pj Gubernur disambut Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Sekda Dairi, Surung Charles Bancin, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Robot Simanullang, serta warga masyarakat.

Hassanudin menyampaikan, KPT memiliki progres sangat bagus dan potensial dalam menstabilkan harga pangan serta menjadi lumbung pangan Sumut.

Pembangunan irigasi, embung dan fasilitas pendukung lainnya, kiranya segera dipenuhi sehingga dapat menunjang produktivitas dan kinerja petani dalam mengelola lahan KPT.

Hassanudin berharap KPT Parbuluan V dapat menjadi percontohan yang bisa menghasilkan lumbung pangan bagi daerah sekitarnya di Sumut. 
Hassanudin menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Dairi, telah menyediakan lahan terpadu dan langsung action (aksi) sesuai rencana nasional.

Pemprov Sumut akan tetap bekerja menjaga kestabilan harga untuk menurunkan inflasi. Ini adalah hal bagus dan semoga daerah lain juga dapat menyediakan KPT, serta bahu-membahu menjadikan Sumut sebagai lumbung pangan nasional.

Kemudian Pj Gubsu menyerahkan hadiah kepada petani berupa bibit jagung, bibit padi, obat pengendali hama ramah lingkungan, dan handsprayer.

"Saya senang jika bapak/ ibu senang dengan kehadirannya dan optimis melihat lahannya, petaninya, kemauan daerahnya, sehingga Dairi bisa penyokong bahan pangan di Sumut," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Dairi, Eddy Berutu menyampaikan bahwa kawasan pertanian terpadu Kabupaten Dairi sudah hampir rampung 100 persen dari target yang telah ditetapkan tahun 2023. Tahun ini akan ada pembukaan lahan dengan luas 100 hektar dan menyiapkan akses jalan, listrik, irigasi, gudang, bibit, dan pupuk. 
Komentar

Tampilkan

  • Pj Gubsu Dukung Kawasan Pertanian Pertanian Parbuluan Dairi Bisa Jadi Lumbung Pangan Sumut
  • 0

Terkini