Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Ratusan Ribu Massa Gelar Aksi Bela Palestina, di Monas Jakarta

Senin, 06 November 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-05T21:41:03Z
Wasantaraonline.com | Jakarta - Ada ratusan ribu massa menggelar aksi bela Palestina menyemuti area Monumen Nasional (Monas) Jakarta tepatnya di Jalan Ridwan Rais yang menghubungkan Tugu Tani hingga Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (5/11/2023). 

Adapun area sekitar Monas yang berada di Jalan Medan Merdeka juga tampak lebih padat. Jumlah peserta aksi belum bisa dipastikan. Meski demikian, Majelis Ulama Indonesia sebelumnya menargetkan dua juta massa akan ikut menghadiri aksi damai bela Palestina.

Salah satu peserta aksi mengungkapan harapannya terkait konflik Palestina dan Israel yang masih berlangsung hingga saat ini. Konflik ini telah mengakibatkan pertumpahan darah hingga memakan ribuan korban.

Sejumlah pejabat hadir dalam aksi bela Palestina hari ini. Di antaranya Menteri PMK Muhadjir Effendy, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Ketua DPR RI Puan Maharani, Anies Baswedan, dan jajaran lainnya.

Satu per satu dari mereka juga menyampaikan orasi dalam aksi yang ada. Semuanya sepakat mengecam penjajahan yang dilakukan Israel dan mendukung kebebasan serta kemerdekaan negara Palestina.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelumnya menyampaikan aksi ini untuk menunjukkan sikap Indonesia. Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menegaskan Indonesia mengutuk agresi Israel.

"Masyarakat Indonesia mengutuk terhadap agresi Israel, kemudian kita menginginkan ada perdamaian di Palestina dan dalam waktu dekat gencatan senjata yang kita inginkan," katanya.

Dia mengatakan Aksi Bela Palestina digelar sebagai kecaman atas serangan-serangan yang terus dilakukan Israel. Aksi Bela Palestina mendorong upaya mengakhiri konflik antara Palestina dan Israel agar tercipta perdamaian.

Muhadjir dalam orasinya menekankan pemerintah Indonesia akan mendukung Palestina sampai merdeka.

"Saya hadir mewakili Pemerintah Indonesia ditugaskan Bapak Jokowi, bertiga, tidak main-main, Menko PMK, Menteri Agama, dan Menteri Luar Negeri. Artinya kita jangan ragu dengan sikap pemerintah Indonesia kita akan dukung Palestina sampai Palestina merdeka," ucapnya.

"Saya mengajak semuanya agar manfaat sholawat bisa memperkuat doa-doa kita, terutama yang 2 juta hadir di Monas ini agar dikabulkan Allah segera," katanya.

Aksi bela Palestina yang digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, berjalan aman dan lancar. Selesai aksi damai, Massa aksi pun berangsur meninggalkan lokasi.

Pantauan wartawan, Minggu (5/11/2023), massa mulai meninggalkan lokasi, sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka secara bertahap tampak keluar dari kawasan Monas.

Bendera Palestina dan Indonesia pun tampak dikibarkan massa aksi. Kepergian massa diiringi sholawat dan nyanyian bela Palestina yang dikumandangkan melalui pengeras suara.

Komentar

Tampilkan

  • Ratusan Ribu Massa Gelar Aksi Bela Palestina, di Monas Jakarta
  • 0

Terkini