Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kurangi Laka Lantas, Ditlantas Poldasu Bersama Dishub Sumut & Jasa Raharja Sumut Gelar Mudik Gratis

Senin, 25 Maret 2024, Maret 25, 2024 WIB Last Updated 2024-03-24T17:09:59Z
Medan, wasantaraonline.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Ketiga Lembaga di Provinsi Sumatera Utara berkolaborasi menyelenggarakan program Mudik Gratis Idul Fitri 1445H. Kita berharap bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), khususnya bagi pengendara sepeda motor, dan meringankan beban ekonomi masyarakat. 

Hal ini terungkapkan saat diskusi di salah satu stasiun radio terkemuka di Medan, ketiga pemimpin di lembaga itu membahas persiapan yang telah mereka lakukan untuk memastikan arus lalu lintas yang aman dan lancar.

Ketiga peminpin instansi itu, yakni berasal dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Direktorat Lalulintas Polda Sumut (Ditlantas Poldasu) dan Jasa Raharja Sumut. mereka telah sepakat mengambil langkah proaktif dalam memastikan kesiapan penyelenggaraan mudik Lebaran tahun 2024.

Dikatakan Kepala Dishub Sumut Agustinus Panjaitan, sampai saat ini pendaftaran untuk program Mudik Gratis Idul Fitri 1445H telah mencapai tingkat partisipasi yang signifikan. Sebanyak 2500 seat/kursi terisi.

"Tujuan program ini adalah mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pengendara sepeda motor, dan meringankan beban ekonomi masyarakat, serta mengantisipasi lonjakan inflasi di hari besar keagamaan," ujar Agustinus. 

Kepala Jasa Raharja Sumut, Mulyadi menyampaikan, telah dilakukan rapat koordinasi dan survei jalur bersama stakeholder terkait untuk mengevaluasi titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Data kecelakaan 2023 menunjukkan, sekitar 60 persen kendaraan yang mengalami kecelakaan adalah sepeda motor. Korban meninggal dunia maupun luka-luka didominasi oleh usia produktif.

"Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Saat ini Jasa Raharja telah bekerjasama dengan 162 rumah sakit di Sumatera Utara. Untuk Laporan Polisi, sistem kami telah terintegrasi dengan Kepolisian," papar Mulyadi.
Sementara itu, Direktur Lalulintas Poldasu Kombes Pol Muji Ediyanto menekankan pentingnya persiapan pos pengamanan, pos pelayanan, serta pos terpadu di ruas jalan dan titik-titik rawan kriminalitas, kemacetan, dan kecelakaan.

Disebutkan Kombes Muji, diharapkan dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang merayakan Idul Fitri.

Untuk itu, warga masyarakat Sumut diajak aktif berpartisipasi dalam menjaga keselamatan di jalan, dengan mematuhi peraturan lalu lintas dan periksalah kenderaan sebelum melakukan perjalanan mudik sehingga bisa berjalan dengan lancar dan aman.

"Bagi seluruh masyarakat Sumatera Utara di manapun berada, berhati-hatilah saat berkendara, jangan ugal-ugalan, keluarga menunggu di rumah," imbaunya.

Dengan kolaborasi yang solid dan upaya persiapan yang komprehensif, diharapkan musim mudik Lebaran 1445 Hijriah tahun ini akan menjadi perjalanan yang aman dan lancar bagi seluruh pemudik di Sumatera Utara.

Komentar

Tampilkan

  • Kurangi Laka Lantas, Ditlantas Poldasu Bersama Dishub Sumut & Jasa Raharja Sumut Gelar Mudik Gratis
  • 0

Terkini