Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Update, Banjir Bandang Menerjang Agam, 28 Orang meninggal

Minggu, 12 Mei 2024, Mei 12, 2024 WIB Last Updated 2024-05-12T10:20:33Z

www.wasantaraonline.com | Sumbar - Update, curah hujan lebat telah memicu banjir bandang dan lahar dingin di Sumatera Barat terjadi Sabtu malam (11/5/2024), yang sejauh ini bencana banjir itu telah menewaskan 28 orang. 


Korban jiwa bisa jadi akan terus bertambah karena empat orang masih dinyatakan hilang, menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Padang, Abdul Malik.


Banjir terjadi di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang.

Untuk Kabupaten Agam, hujan deras bahkan menyebabkan air sungai yang berhulu di Gunung Marapi meluap, sehingga tercipta aliran di "jalur baru" yang membawa "batu-batu besar".


Menurutnya Batu berukuran besar itu berasal dari gunung Marapi paling aktif di Sumatera itu ke permukiman di sekitarnya, kata Budi Perwira Negara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam.


"Karena saking derasnya hujan, dia membuat jalur tersendiri," kata Budi pada wartawan di Sumatera Barat yang melaporkan.


Banjir ini diikuti dengan material batu besar dari Gunung Marapi."


Selain korban jiwa, ada pula 16 korban luka dari Kecamatan Canduang, Kecamatan Sungai Pua, dan Kecamatan IV Koto di Kabupaten Agam, kata Budi.


Sedikitnya 110 rumah warga dan tempat usaha serta satu sekolah di tiga kecamatan itu tergenang air, sementara tiga rumah disebut "terbawa arus".


Budi bilang bencana ini adalah yang "paling parah" pernah terjadi di Kabupaten Agam dalam beberapa dekade terakhir.


Sementara itu Ermon Revlin, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanah Datar, mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya merupakan kombinasi banjir lahar dingin Gunung Marapi dan banjir bandang akibat naiknya debit air sungai.


"Kalau dilihat sungainya, ada beberapa yang [banjir] lahar dingin, ada yang tidak," kata Ermon.


"Yang bukan banjir lahar dingin itu ada yang di Rambatan, terus ada yang di Pandai Sikek. Itu karena debit air sungai tinggi. Karena hulu sungainya bukan di Gunung Marapi itu kalau Pandai Sikek."


Banjir melanda lima kecamatan di Kabupaten Tanah Datar: Kecamatan X Koto, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Lima Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab.

Ada setidaknya 25 keluarga, 24 rumah, dan 12 jembatan yang terdampak, berdasarkan data terakhir BPBD Kabupaten Tanah Datar.


Hingga Minggu siang (12/5), fokus penanganan darurat adalah melakukan upaya pencarian dan pertolongan.

"Banjir yang terjadi sejak semalam ini juga meninggalkan endapan lumpur yang cukup tinggi hingga mencapai betis orang dewasa," kata Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam keterangan resminya.


"Karena itu, selain upaya pencarian dan pertolongan, tim gabungan pada hari ini juga berupaya melakukan pembersihan ruas jalan Batusangkar-Padang Panjang yang terdampak endapan lumpur."


Di sisi lain, banjir melanda Kecamatan Padang Panjang Barat dan Kecamatan Padang Panjang Timur di Kota Padang Panjang.

Dua rumah di pinggir Sungai Sangkua disebut "hanyut", sementara tiga orang sempat hilang "terbawa arus" di Kota Padang Panjang.

Kini, satu dari tiga orang itu telah berhasil ditemukan dan diselamatkan.


Sepanjang enam bulan terakhir, banjir lahar telah terjadi sedikitnya tiga kali di sejumlah daerah di sekitar Gunung Marapi, Sumatera Barat.


Pada April 2024, delapan orang telah dilarikan ke rumah sakit akibat banjir yang diduga terjadi akibat curah hujan tinggi di kawasan Gunung Marapi yang tengah erupsi.


Banjir tersebut mengakibatkan ruas jalan lintas Bukittinggi menuju Kota Padang putus total dan merusak sawah warga.


Terulang lagi, akses jalan yang menghubungkan Padang dan Bukittinggi juga kini terputus karena tanah longsor di Desa Malalak Timur, Kabupaten Agam, akibat hujan lebat.


Budi Perwira Negara, Kepala BPBD Kabupaten Agam, mengatakan longsoran tanah menutup jalan itu dengan panjang 12 meter dan ketinggian 3-4 meter.


"Jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat, karena masih tertimbun tanah longsor," katanya, seperti dilaporkan kantor berita Antara.





Komentar

Tampilkan

  • Update, Banjir Bandang Menerjang Agam, 28 Orang meninggal
  • 0

Terkini