Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemerataan BBM di Pelosok Negeri, Pertamina Bersinergi Dengan Kemenkop UKM Dirikan 40.000 Outlet Pertashop

Senin, 21 Desember 2020, Desember 21, 2020 WIB Last Updated 2020-12-21T12:55:33Z
Wasantara | Jakarta - Untuk mempercepat pemerataan Bahan Bakar Minyak (BBM), pihak Pertamina telah menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dengan membuka peluang usaha melalui program penambahan outlet Pertashop di pelosok negeri.

Hal ini dikatakan Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki sàat menandatangani MoU kerjasama pihak kementeriannya dengan pihak Pertamina di kantor Pertamina Jakarta, Senin (21/12/2020).
Dikatakan Teten Masduki bahwa kerjasama dan sinergi ini harus dilakukan guna mewujudkan pemerataan energi di seluruh penjuru negeri melalui Program BBM Satu Harga dan One Village One Outlet (OVOO).

Teten menyebutkan pihaknya optimistis sinergi seperti ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mewujudkan kehadiran pemerintah bagi masyarakat.

Teten mengakui bahwa ada sebanyak 86,6 persen koperasi di sektor riil berpeluang membangun kemitraan dengan Pertamina, baik itu untuk program Pertashop maupun pengembangannya di kemudian hari.

Kerjasama ini juga membantu jaringan anggota koperasi maupun pelaku UMKM di seluruh Indonesia menjadi lebih mudah mendapatkan akses energi untuk mendukung kegiatan usaha.

“Seperti para nelayan di seluruh wilayah Indonesia yang membutuhkan program pemerataaan energi, terdapat sekitar 1.973 unit koperasi nelayan di Indonesia,” kata Teten.

Teten berharap Nota Kesepahaman ini juga bisa menjadi langkah awal bagi kemajuan Koperasi dan UMKM sebagai mitra strategis menjamin ketersediaan energi di Indonesia.

Sementara itu, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyambut baik kerjasama ini. Pihak Pertamina melihat bahwa bentuk koperasi itu sudah berbadan hukum, sudah pasti memiliki lokasi-lokasi strategis hingga tingkat desa bisa digarap menjadi lokasi Outlet Pertashop, sehingga kerjasama lebih maksimal.

“Hingga tahun 2020 Pertamina menyasar pembangunan 4.558 Outlet Pertashop dan dalam rencana pengembangan kami ke depannya, hingga tahun 2024 Pertamina menargetkan sebanyak 40.000 outlet Pertashop beroperasi di seluruh penjuru negeri,” ucap Nicke.

Diterangkan Nicke, Pertashop merupakan lembaga penyalur BBM skala kecil yang disiapkan pihak Pertamina untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subidi, Elpiji Non Subsidi, pelumas, dan. produk Pertamina ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Disebut Nicke bahwa dengan adanya kerjasama ini, Pertashop akan menyediakan produk Pertamax dengan harga yang sama di SPBU reguler. Sementara KemenkopUKM berperan untuk membantu Pertamina memberdayakan Koperasi dan UMKM dalam mendistribusikan minyak, gas, serta energi terbarukan.

Komentar

Tampilkan

  • Pemerataan BBM di Pelosok Negeri, Pertamina Bersinergi Dengan Kemenkop UKM Dirikan 40.000 Outlet Pertashop
  • 0

Terkini

Topik Populer