Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemda Taput Bersama KLHK Bahas Hasil Identifikasi dan Verifikasi Masyarakat Hukum Adat Serta TORA

Sabtu, 27 November 2021, November 27, 2021 WIB Last Updated 2021-11-27T04:48:30Z
Wasantaraonline.com @ Jakarta - Pemerintah Daerah Tapanuli Utara (Pemda Taput) dipimpin Bupati Drs. Nikson Nababan, MSi, bersama Kadis Lingkungan Hidup Taput Heber Tambunan telah mengikuti rapat pembahasan hasil identifikasi dan verifikasi Masyarakat Hukum Adat (MHA) dan calon hutan adat disekitar kawasan Danau Toba.

Rapat pembahasan dipimpin Dirjen Perhutanan Sosial Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertempat di Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh jajaran pejabat tinggi di lingkungan KLHK dan Sekda Kabupaten Toba, membahas 11 lokasi yang menjadi calon hutan adat di Kabupaten Tapanuli Utara.

Adapun 11 lokasi hutan adat yang diajukan yakni Desa Bius Buntu Raja, Huta Aek Godang – Tornauli, Huta Bonan Dolok, Huta Ginjang, Huta Napa, Huta Ranggitgit, Huta Tomauli, Nagasaribu Siharbangan, Ompu Raja Naga Padoha Manalu Rumah Ijuk Huta Lobu Sumut, Pomparan Op. Panggal Manalu Aek Raja, dan Raja Parjalangan Mirasomanggalang Tampubolon Huta Sitonong ditambah 2 lokasi Lintas Kabupaten Toba – Tapanuli Utara yakni Janji Maria dan Parpatihan.

"Saya berharap agar tanah yang memang hak rakyat atau tanah adat dapat dikembalikan kepada rakyat dan KLHK dapat segera mempercepat proses TORA yang telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah Taput, sehingga hak-hak rakyat dapat segera dimanfaatkan oleh rakyat dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat" jelas Bupati Nikson Nababan dalam paparannya.

"Masyarakat kami senantiasa menjaga kekondusifan di daerahnya selama proses identifikasi dan verifikasi dari KLHK serta proses penetapan Masyarakat Hukum Adat oleh Kementerian. Kami selalu berupaya mendorong hal-hal yang dapat mengedepankan kepentingan masyarakat banyak khususnya masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara. 

Bupati Taput berharap agar KLHK memberikan dukungan dan ikut membantu program Food Estate di Tapanuli Utara," harap Bupati Nikson Nababan pada akhir pembahasan tersebut.
Komentar

Tampilkan

  • Pemda Taput Bersama KLHK Bahas Hasil Identifikasi dan Verifikasi Masyarakat Hukum Adat Serta TORA
  • 0

Terkini

Topik Populer