Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Seru, Pembuatan Eco Enzyme Diikuti Universitas Negeri dan Swasta Di Univa Medan

Sabtu, 04 Maret 2023, Maret 04, 2023 WIB Last Updated 2023-03-04T07:47:53Z
Wasantaraonline.com | Medan - Perhimpunan Cendikiawan Lingkungan Hidup Indonesia (Perwaku) Sumut bekerjasama dengan Rumah Briket melaksanakan Pelatihan Eco Enzyme di Universitas Al Washliyah (Univa) Medan, Jalan Sisingamangaraja Km 5,5, Sabtu (04/03/2023). 

Pelatihan Eco Enzyme (EE) ini difasilitasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Sumut dengan menghadirkan Dosen dan mahasiswa dari Universitas Negeri dan Universitas Swasta. 

Dalam pelatihan EE ini, dipimpin CEO Rumah Briket Ir Rena Arifah Simbolon MSi didampingi Pengurus REEI Sumut, Yenny Susanti Siregar ST, dimulai penyampaian materi secara lisan kemudian mempraktikkannya secara langsung di lapangan UnIva Medan. 
Diawali pencacahan bahan organik, baik itu kulit buah dan tangkai sayur, dimasukkan dalam wadah ditambahkan molase dan air non kaporit dengan komposisi 10 Kg Molase, 30 bahan sayur dan buah kemudian dicampur dengan 100 liter air yang dicampurkan didalam satu drum. 

Kali ini, dalam proses pembuatan EE kali ini, Jelas Bu Rena, pihaknya menyediakan 5 Drum sehingga diharapkan akan menghasilkan 700 liter EE. 

Usai itu wadah tempat pembuatan EE itu ditutup dan disimpan dalam ruangan Fakultas Pertanian Univa agar tidak terpapar matahari langsung. Proses pembuatan EE ini memakan waktu 100 hari, pungkas Rena yang juga Dekan Fakultas Teknik Univa. 
Tujuan pembuatan EE, larutan Sejuta manfaat kali ini, untuk dituangkan di Danau Toba dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia, direncanakan 11 Juni 2023. Semoga EE ini dapat membantu melestarikan lingkungan hidup dan mengembalikan ekosistem alami di Danau Toba, tutup Rena. 

Turut hadir, Dekan FP Univa Dr Tina Herianty MSi, Dekan FT UnIva Ir Rena Arifah Simbolon MSi, LPPM UnIva Dr. Ir Misdawati MSi, Dosen Fakultas FMIPA USU Drs Arlen Jhon Koto MSi, Dosen Fakultas Kehutanan USU Dr. Ma'rifatun Zahra, Dosen UMSU Dr. Ir Sabrina MSi, Dosen UMA Dr Abdul Karim, SSi, MSi, WR II UnIva Yumira Simamora Spd, Mpd. Prof Dr. Ilmi, para mahasiswa UMSU, Fakultas Kehutanan USU, Universitas Sari Mutiara. 

Kadis LHK Provsu Ir Yuliani Siregar MAP, diwakili Staf Persampahan DLHK Jamaliyah Patimura SHut, Hotnida Siregar dan bu Ade. 



Komentar

Tampilkan

  • Seru, Pembuatan Eco Enzyme Diikuti Universitas Negeri dan Swasta Di Univa Medan
  • 0

Terkini