Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Tinjau Infrastruktur Jalan & Jembatan Sei Wampu, Kapoldasu : Cocok Sekali, Bisa Memperlancar Arus Mudik Lebaran 2023

Sabtu, 15 April 2023, April 15, 2023 WIB Last Updated 2023-04-14T17:55:25Z
Wasantaraonline.com | Langkat - Guna menghadapi arus mudik Lebaran 2023 terutama di wilayah perbatasan Sumatera Utara, Kepolisian Daerah (Polda) Sumut terus melakukan pengecekan kondisi infrastruktur dan kondisi kelayakan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Rabu (12/4/2023).

Kapolda Sumut telah berkunjung ke Jembatan Sei Wampu yang berada di Kabupaten Langkat. Jembatan ini menjadi penghubung antara jalan lintas Sumatera sampai dengan Banda Aceh.

"Saat uji coba, Jembatan Sei Wampu pada hari Minggu (16/4), sudah dapat dioperasionalkan dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2023. Jembatan ini menjadi akses dari Medan ke Banda Aceh, begitu juga sebaliknya," terang Panca,(13/4).

Dengan adanya jembatan ini, diharapkan mampu mengurai kepadatan volume kendaraan saat arus mudik Lebaran di perbatasan Sumut-Aceh dapat berjalan lancar dan aman.

"Sebelum dibangun, Jembatan Wampu ini menjadi titik kemacetan saat perayaan hari besar di Kabupaten Langkat," katanya.

Diungkapkan Kapoldasu bahwa sebelum pembangunan Jembatan Sei Wampu yang semula sempit ini, kini telah menjadi lebih lebar. Sehingga dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas terutama saat perayaan hari besar.

"Kita juga telah mengundang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR, untuk membahas persiapan sarana infrastruktur menjelang Idulfitri," ucap Panca. 

Rencananya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut bersama Dinas Perhubungan, PUPR akan turun ke titik-titik tertentu untuk memetakan kondisi jalan. Apabila ditemukan jalanan yang rusak, sudah siap untuk diperbaiki.

"Akses Jalan Tol Dolok Merawan, Sinaksak (Siantar) serta Tol Indrapura (Langkat), diharapkan menjelang Idulfitri 2023 sudah bisa digunakan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin menjelaskan bahwa ruas jalan Dolok Merawan-Sinaksak akan difungsikan sebagai jalur alternatif bagi para pemudik yang melintas di jalan nasional dari arah Kota Medan yang menuju ke arah Pematang Siantar.

"Sedangkan fungsionalnya Gate Dolok Merawan hingga Gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah Kota Medan," tuturnya pada Rabu (12/4). 

Selain itu, untuk ruas tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi-Parapat hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi. Setelah dilakukan beberapa evaluasi, dalam kurun waktu 2 pekan terakhir, kedua ruas gate to gate inilah yang dinilai paling siap untuk digunakan saat arus mudik lebaran 2023 ini.

"Dari aspek keamanan dan kenyamanan, dapat dilintasi bagi kendaraan," tutup Dindin.


Komentar

Tampilkan

  • Tinjau Infrastruktur Jalan & Jembatan Sei Wampu, Kapoldasu : Cocok Sekali, Bisa Memperlancar Arus Mudik Lebaran 2023
  • 0

Terkini