Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Wujudkan Kemandirian bangsa, RI Bangun Smelter Freeport Dan Smelter Amman

Rabu, 21 Juni 2023, Juni 21, 2023 WIB Last Updated 2023-06-20T17:00:10Z
Wasantaraonline.com | Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek progres pembangunan smelter tembaga PT Amman Mineral Nusa Tenggara dan PT Freeport Indonesia hari ini. Jokowi berharap, dua smelter ini rampung pada Mei 2024.

Menurut Jokowi, jika dua smelter ini rampung, maka Indonesia tak akan lagi mengekspor bahan mentah.

"Kalau 2 perusahaan besar ini selesai smelternya, artinya kita tidak ekspor lagi bahan mentah tembaga," kata Jokowi dalam acara groundbreaking pabrik foil tembaga di Gresik, Jawa Timur seperti disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (20/6/2023).

Jokowi ingin, bahan mentah itu diolah di dalam negeri sehingga memberikan nilai tambah.

"Karena bahan mentah itu diproduksi di dalam negeri akan menjadi katoda tembaga yang nilai tambahnya berlipat dan kesempatan kerja ada di dalam negeri," katanya.

Lebih lanjut, Jokowi memberikan apresiasi terhadap investor asal China yang membangun pabrik foil di Gresik, Jawa Timur tersebut. Sebagaimana diketahui, pabrik foil tembaga ini akan menyerap katoda tembaga dari smelter Freeport.

"Sehingga akan menjadi barang jadi atau setengah jadi yang nantinya akan kita gunakan untuk baterai lithium, baterai mobil listrik maupun mobil listriknya itu sendiri," katanya
Komentar

Tampilkan

  • Wujudkan Kemandirian bangsa, RI Bangun Smelter Freeport Dan Smelter Amman
  • 0

Terkini