Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemerintahan Pastikan Cadangan Beras Nasional Aman & Harga Beras Kembali Murah

Senin, 11 September 2023, September 11, 2023 WIB Last Updated 2023-09-11T12:03:04Z
Wasantaraonline.com | Jabar - Pemerintah Indonesia memastikan cadangan beras nasional aman, dengan masuknya 400 Ribu Ton Beras Impor, bisa ciptakan stabilitas harga beras di pasar dan meredam terjadinya Inflasi. 
Hal ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso saat meninjau Gudang Bulog Dramaga, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Senin (11/9/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan stok beras RI aman dengan masuknya impor beras tersebut. Dengan begitu, pemerintah pun optimis bisa menjaga stabilitas harga di pasaran.

Biasanya stok kita itu hanya 1,2 (juta ton). Normal 1,2 juta (ton). Ini kita memiliki 2 juta (ton) sehingga kita tidak usah khawatir," ujar Jokowi saat meninjau Gudang Bulog Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Pemimpin negara menerangkan seluruh negara sedang mengalami kekeringan el nino, termasuk Indonesia. Setidaknya ada 7 provinsi yang diperkirakan menghadapi kekeringan di Indonesia.

"Oleh sebab itu, saya datang ke gudang-gudang Bulog di sini, nanti di Jakarta, mungkin nanti di daerah untuk memastikan bahwa stok beras itu ada," ujarnya.

Meski disebut aman, Jokowi pun tetap membuka kemungkinan Indonesia kembali mengimpor beras. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi penurunan produksi beras dalam negeri buntut dari kemarau panjang (el nino). 

"Harus, harus untuk menjaga agar tidak terjadi kenaikan karena memang produksi pasti turun karena el nino meskipun juga saya lihat angkanya juga tidak banyak," ucapnya.

Selain itu, per 1 September lalu, Jokowi juga sudah memerintahkan untuk mempercepat penyaluran bantuan pangan ke masyarakat. Dengan demikian, masyarakat bisa terhindar dari kenaikan harga beras dan pemerintah bisa meredam inflasi.

"Setiap bulan kira-kira 210 ribu ton dikeluarkan oleh Bulog untuk bantuan pangan itu dan ini sudah dimulai terus September, Oktober, November," ujarnya.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebelumnya mengatakan bansos beras diberikan untuk 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp. 8 triliun.

Setiap KPM masing-masing akan mendapatkan 10 kg beras per bulan atau 30 kg beras selama tiga bulan.


Komentar

Tampilkan

  • Pemerintahan Pastikan Cadangan Beras Nasional Aman & Harga Beras Kembali Murah
  • 0

Terkini