Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Seharian Ratusan Kali Gempa Bumi Guncang Taiwan, Kondisi Cukup Mencekam

Rabu, 24 April 2024, April 24, 2024 WIB Last Updated 2024-04-24T03:08:59Z

Taiwan, www.wasantaraonline.com - Gempa bumi susulan kembali melanda Taiwan, gempa berkekuatan 6,1 skala Richter itu terjadi sekitar pukul 02.30 dini hari waktu setempat, diikuti beberapa menit kemudian dengan gempa berkekuatan 6,0 skala Richter, menyebabkan gedung-gedung bergoyang dan beberapa diantaranya miring. Gempa itu berlangsung dari 22-23 April semalam. 


Pemerintah mengatakan gempa-gempa tersebut merupakan gempa susulan dari gempa besar mematikan yang melanda pulau itu lebih dari dua minggu lalu.


Gempa terkuat yang diukur oleh Survei Geologi AS (USGS) berkekuatan 6,1 skala Richter terjadi sekitar pukul 02.30 dini hari waktu setempat, diikuti beberapa menit kemudian dengan gempa berkekuatan 6,0 skala Richter. 


Badan Cuaca Pusat Taipei memperkirakan suhu tersebut masing-masing 6,0 dan 6,3

Pihak berwenang mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun guncangan yang terjadi tanpa henti membuat malam menjadi mencekam bahkan bagi mereka yang berada di ibukota Taipei sekitar 150 kilometer utara, di mana dinding dan panel kaca bergetar di rumah-rumah yang bergoyang.


"Saya terlalu takut untuk bergerak dan tetap di tempat tidur," kata pekerja kantoran Kevin Lin, (53) di Taipei, yang mengatakan kepada AFP bahwa dia terkejut saat bangun karena gempa hebat.


Sekitar pukul 08.00, gempa berkekuatan 5,8 skala Richter mengguncang ibukota saat para penumpang berangkat kerja.


Guncangan tersebut dimulai pada hari Senin sekitar pukul 17.00 dan sekitar pukul 10.30 keesokan harinya, Badan Cuaca Pusat mengatakan telah mencatat lebih dari 200 gempa.


Semuanya berasal dari Hualien di pantai timur tengah Taiwan. Daerah pegunungan tersebut merupakan pusat gempa berkekuatan 7,4 skala Richter yang terjadi pada tanggal 3 April, yang menurut Taiwan merupakan gempa "terkuat dalam 25 tahun", yang memicu tanah longsor yang menutup jalan dan merusak parah bangunan di sekitar kota utama Hualien.


Setidaknya 17 orang tewas, dengan mayat terakhir ditemukan di sebuah tambang pada 13 April. Di Hualien pada Selasa, sebuah bangunan hotel yang sebelumnya rusak mulai miring semalaman setelah gempa, menurut rekaman yang diperoleh AFP.


"Silahkan keluar demi keselamatan. Ayo evakuasi dulu ya, apa masih ada yang di dalam, Silahkan turun," teriak seorang petugas pemadam kebakaran kepada warga sekitar bangunan.


Pemerintah daerah Hualien mengumumkan bahwa sekolah dan kantor akan ditutup pada hari Selasa karena gempa susulan yang terus terjadi.


Taiwan sering mengalami gempa bumi karena lokasinya di persimpangan dua lempeng tektonik, dan gempa tanggal 3 April tersebut diikuti oleh lebih dari 1.100 gempa susulan, menyebabkan runtuhan batu dan getaran di sekitar Hualien.


Seorang seismolog pemerintah Taiwan mengatakan "gerombolan" gempa terbaru ini berasal dari selatan gempa utama pada bulan April, tidak seperti gempa sebelumnya yang sebagian besar terjadi di utara.


Ahli seismologi Judith Hubbard dan Kyle Bradley sepakat bahwa aktivitas tersebut tampaknya telah bergeser dan menjadi lebih terkonsentrasi di sisi selatan dari retakan yang terjadi pada tanggal 3 April.


"Kluster kegempaan baru ini bukanlah rangkaian gempa utama-gempa susulan," tulis mereka dalam buletin mereka "Earthquake Insights".


Gempa-gempa yang baru-baru ini terjadi tampaknya makin besar kekuatannya seiring berjalannya waktu, berlawanan dengan pola yang biasa terjadi yaitu gempa besar yang perlahan-lahan melemah.


Masih belum jelas apakah hal ini dapat memicu gempa bumi besar lagi, namun di kawasan ini tentu saja merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat di wilayah tersebut untuk meninjau kembali persiapan gempa yang baru saja mereka uji", kata mereka.


Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 3 April adalah yang paling serius di Taiwan sejak tahun 1999, ketika gempa berkekuatan 7,6 skala Richter mengguncang pulau tersebut. 


Jumlah korban tewas pada saat itu jauh lebih tinggi, dengan 2.400 orang tewas dalam bencana alam paling mematikan dalam sejarah pulau tersebut.


Peraturan bangunan yang lebih ketat - termasuk peningkatan persyaratan seismik dalam peraturan bangunannya - dan kesadaran masyarakat yang luas terhadap bencana telah mencegah bencana yang lebih serius pada gempa tanggal 3 April.


Di Taipei, Lin mengatakan berita tentang hotel yang miring di Hualien telah membuatnya takut.


"Saya tinggal di sebuah apartemen berusia 40 tahun dan saya benar-benar khawatir apakah apartemen tersebut mampu menahan begitu banyak gempa bumi," katanya kepada AFP.


Dia menambahkan bahwa meskipun masyarakat Taiwan diajari apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa, "hal ini hanya berguna untuk gempa kecil".


"Untuk gempa besar, tidak masalah seberapa besar respons terhadap gempa yang diajarkan kepada Anda."

Komentar

Tampilkan

  • Seharian Ratusan Kali Gempa Bumi Guncang Taiwan, Kondisi Cukup Mencekam
  • 0

Terkini