Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Panglima TNI: Prajurit TNI Dipercaya PBB Sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian

Selasa, 16 November 2021, November 16, 2021 WIB Last Updated 2021-11-16T07:14:12Z
Wasantaraonline.com @ Jakarta - Prajurit TNI Dipercaya PBB untuk bertugas menjaga perdamaian dunia, ini merupakan tugas yang luhur dan mulia sekaligus membanggakan. Bukan saja mengangkat citra satuan dan TNI, tetapi mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di forum Internasional.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat menyambut kedatangan 200 personel Satuan Tugas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Satgas Kizi TNI Konga) XXXVII-G/United Nations Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central in Africa (MINUSCA CAR) di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/11/2021).

Satgas Kizi TNI Konga kembali ke Tanah Air setelah melaksanakan misi perdamaian di Afrika Tengah.

"Dan kita meyakini, tugas menjaga perdamaian dunia, merupakan tugas yang luhur dan mulia sekaligus membanggakan. Bukan saja mengangkat citra satuan dan TNI, tetapi juga citra dan harumnya nama bangsa dan negara Indonesia di forum internasional," ujar Hadi 

Hadi menyampaikan, tugas sebagai pasukan pemelihara perdamaian PBB tidak asing lagi bagi Indonesia, khususnya TNI.

Hal itu bukan hanya karena kontinuitas penugasan yang sering dipercayakan oleh dunia kepada TNI, tetapi lebih karena landasan moral dan filosofi serta doktrin pertahanan dan cinta damai.

Komitmen dan keikutsertaan dalam menjaga ketertiban dunia merupakan amanat konstitusi, sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, kata Hadi.

"Lebih dari itu, tugas dan pengabdian para prajurit di Afrika Tengah menjadi salah satu catatan sejarah nasional dan internasional," ungkap Hadi.

Hadi juga mengapresiasi keberhasilan Satgas karena telah sukses mengemban tugas dalam melaksanakan misi pemelihara perdamaian di Afrika Tengah.

Menurutnya, keberhasilan ini terlihat pula dari beberapa piagam penghargaan yang diterima, antara lain The MINUSCA Medal dari PBB, The CAR Medal dari Pemerintah Republik Afrika Tengah, piagam penghargaan dari Chief Of Force Engineering MINUSCA, dan piagam penghargaan dari Serbian Armed Forces.

"Dan masih banyak lagi piagam dan penghargaan yang lainnya. Untuk itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para perwira dan prajurit Satgas Kizi atas dedikasi dan loyalitas yang telah kalian berikan," terang dia.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga menyerahkan petikan anugerah tanda kehormatan Satya Lencana Santi Dharma kepada perwakilan empat prajurit berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 66/TK/TAHUN 2021, tanggal 2 Agustus 2021.

Komentar

Tampilkan

  • Panglima TNI: Prajurit TNI Dipercaya PBB Sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian
  • 0

Terkini

Topik Populer