Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Besok, Massa Aksi 1812 Akan Demo

Kamis, 17 Desember 2020, Desember 17, 2020 WIB Last Updated 2020-12-17T08:14:14Z
Wasantara - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran akhirnya buka suara terkait adanya gelombang protes dari sejumlah ormas termasuk PA 212 yang menuntut agar Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dibebaskan. 

Direncanakan, PA 212, GNPF hingga FPI akan menggelar demo besar-besaran menggeruduk Istana Negara, Jumat (18/12/2020) besok.

Menanggapi hal itu, Fadil mengatakan jika aksi tersebut benar-benar berlangsung, pihaknya akan menggelar operasi kemanusiaan.

"Kalaupun ada aksi demo, kami akan melaksanakan operasi kemanusiaan," ungkap Fadil di Mapolda Metro Jaya, Kamis (16/12/2020).

Irjen Fadil mengatakan, keselamatan masyarakat menjadi hukum tertinggi selama masa pandemi Covid-19. Dia menerangkan, saat ini sudah ada Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan hingga Peraturan Gubernur soal kerumunan massa.

"Kami akan laksanakan operasi kemanusiaan. Akan kami laksanakan 3 T, sehingga kerumunan bisa dikendalikan," sambungnya.

Menurut Fadil, klaster kerumunan massa yang sempat terjadi di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat dan Tebet, Jakarta Selatan telah terbukti sangat membahayakan. Untuk itu, polisi akan menggelar operasi kemanusiaan jika aksi tersebut tetap dilangsungkan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya tidak memberikan izin terkait aksi besok. Pihak Kepolisian akan melakukan upaya preventif bilamana terjadi kerumunan massa pada esok hari.

"Ya, Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin demo. Kami akan lalukan operasi kemanusiaan, kami mulai dari mana? Preventif kami mulai dari Bekasi dari daerah lain, kami sampaikan tidak boleh ada kerumunan massa," beber Yusri.

Kabar terkait aksi besok telah dibernarkan oleh Ketua PA 212 Slamet Maarif. Menurut dia, aksi unjuk rasa tersebut digelar dengan tajuk aksi 1812 Bersama Anak NKRI. "Iya benar," kata Ketua PA 212 Slamet Maarif, Rabu (16/12/2020) kemarin.

Dalam sebuah poster yang beredar, terdapat foto Habib Rizieq Shihab yang sedang mengacungkan jempol. Tak hanya itu, tertulis pula berbagai tuntutan demo Aksi 1812 itu.

Tuntutan aksi itu di antaranya: Usut tuntas pembunuhan 6 syuhada, Bebaskan Habib Rizieq tanpa syarat, Stop kriminalisasi ulama, Stop diskriminasi hukum

Dalam poster itu pun tertulis pesan Habib Rizieq."Jika saya dipenjara atau dibunuh, lanjutkan perjuangan," begitu tulisan yang diklaim sebagai pesan Habib Rizieq. (sc/ Edi)
Komentar

Tampilkan

  • Besok, Massa Aksi 1812 Akan Demo
  • 0

Terkini