Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Panglima TNI Buka Latsitardanus ke 42 di Lombok, NTB

Senin, 16 Mei 2022, Mei 16, 2022 WIB Last Updated 2022-05-16T06:16:33Z
Lombok, Wasantaraonline.com - Untuk menguatkan integritas dan kolaborasi antara TNI, Polri, IPDN dan mahasiswa, maka perlu adanya program Latihan Integrasi terpadu antara Akmil, AAL, AAU, IPDN melalui Program Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke 42, tahun ini pelaksanaannya Kota Mataram, Lombok, Provinsi NTB. 

Hal ini disampaikan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa saat membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-42 tahun 2022, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Jalan Pejanggik Nomor 12, Pejanggik, Kota Mataram, Lombok, Provinsi NTB, Sabtu (14/5/2022).

Dikatakan Jenderal Andika bahwa program Latsitarda Nusantara dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Kepolisian (Akpol) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira oleh Presiden Republik Indonesia.

Menurut Andika, para taruna, praja, dan mahasiswa akan melaksanakan kegiatan latihan integrasi yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan karya bakti seperti pembuatan rumah ibadah, perbaikan fasilitas umum, pembersihan saluran air/drainase.

"Selain perbaikan pengaspalan jalan dan penghijauan serta perbaikan rumah tidak dan layak huni,” kata Jenderal Andika.

Eks KSAD itu juga mengatakan para taruna, praja, dan mahasiswa juga akan melaksanakan kegiatan nonfisik berupa riset sosial, penyuluhan tentang kesehatan, bahaya narkoba, pencegahan Covid-19.

Kemudian pembekalan tentang nilai-nilai kejuangan dan wawasan kejuangan serta kegiatan positif lainnya yang akan dilaksanakan di beberapa wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Latsitardanus ini berlangsung dari tanggal 14 Mei - 11 Juni ini. Sebanyak 1.197 orang mengikuti latihan ini. Mereka terdiri dari Taruna Akmil 287, AAL 106, AAU 108, Akpol 246, 100 Praja IPDN dan 100 mahasiswa dari wilayah NTB serta 229 pendukung (pengasuh dan pelatih, dosen pembimbing, dan pendukung dari Akademi TNI).

Mereka akan ditempatkan sesuai Satgas di Kota Mataram, yaitu Satlak Macan dari TNI AD di Lombok Utara, Satlak Hiu dari TNI AL di Lombok Timur, Satlat Elang dari TNI AU di Lombok Tengah, dan Satlak Kijang dari Polri di Lombok Barat.

Seusai pembukaan Latsitarda Nusantara 2022, drumband gabungan antara Taruna Akademi TNI-Polri dan IPDN ini juga melaksanakan kirab sepanjang jalan Kota Mataram. Acara ini dimulai dari Kantor Gubernur NTB hingga finish di Taman Mayura yang berlokasi di Jalan Selaparang.

Turut mendampingi Panglima TNI dalam pembukaan Latsitardanus Ke-42, Ny. Hetty Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, dan Wakil Kepala Polri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono.

Selain itu, hadir pula Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, Kapolda NTB Irjen Pol. Djoko Poerwanto, Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI CZi Lalu Irham Rudy Srigede, Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi NTB, serta rektor dari 11 universitas di NTB. 
Komentar

Tampilkan

  • Panglima TNI Buka Latsitardanus ke 42 di Lombok, NTB
  • 0

Terkini