Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Wagubsu : Penanganan Stunting Dibutuhkan dukungan Semua Elemen & Lintas Sektoral

Kamis, 16 Juni 2022, Juni 16, 2022 WIB Last Updated 2022-06-15T18:49:04Z
Medan | Wasantaraonline.com - Secara umum, stunting adalah salah satu penyakit kronis yang diakibatkan dari kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mempengaruhi faktor pertumbuhan pada anak-anak. 

Untuk menurunkan angka stunting dibutuhkan dukungan lintas sektoral baik dari pemerintah daerah, akademisi hingga masyarakat untuk bergerak melaksanakan program-program intervensi spesifik dan sensitif terkait permasalahan stunting.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah saat membuka Rapat Koordinasi Sektoral Provinsi Sumut di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Rabu (15/6/2022).

“Menurunkan angka stunting tidak bisa hanya pemerintah daerah saja, namun dibutuhkan adanya peranan semua stakeholder, dan masyarakat harus ikut berpartisipasi. Dengan kerja sama yang baik, kita optimis penurunan angka stunting sampai 14% di tahun 2024 bisa tercapai,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Ijeck, juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Sumut, menyampaikan saat ini angka stunting masih berada pada angka 25,8% dan harus mencapai 14% pada tahun 2024 sesuai target nasional. Diharapkan langkah-langkah percepatan penurunan stunting di Sumut dapat dijalankan berdasarkan peran masing-masing tim koordinasi atau bidang.

“Untuk semua unsur dalam Tim Stunting dan lintas sektoral segera laksanakan aksi nyata dalam upaya percepatan penurunan stunting. Sasaran kegiatan adalah keluarga berisiko stunting yaitu anak remaja puteri/calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca-persalinan, anak usia 0-23 bulan, dan anak usia 24-59 bulan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Muhammad Irzal, mengatakan pihaknya memastikan kesiapan mitra kerja atau multisektor untuk penanganan stunting dalam rakor tersebut. Pihaknya mengajak duduk bersama untuk menggali potensi yang ada. Saat ini, Sumut menempati peringkat 17 persentase stunting dari 34 provinsi, yaitu 25,8%.

Ketua Panitia Hery Pranata menyampaikan tujuan rakor tersebut untuk meningkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program Bangga Kencana serta penurunan stunting secara bersinergi dan berkolaborasi. 
Komentar

Tampilkan

  • Wagubsu : Penanganan Stunting Dibutuhkan dukungan Semua Elemen & Lintas Sektoral
  • 0

Terkini